BANDUNG, infobdg.com – Siapa sih yang gak tau kopi?  Apalagi Indonesia yang merupakan Negara penghasil kopi terbesar ketiga di Indonesia setelah Brazil dan Vietnam. Ngopi di Indonesia biasa diartikan sebagian kalangan sebagai makan dan minum dalam keadaan santai. Makanan yang minuman yang dipilih biasanya ringan. Tapi istilah yang sebenernya, ngopi itu ‘minum secangkir kopi”. Kalau kamu mengartikan “ngopi” sebagai apa Wargi Bandung?

Budaya ngopi di Indonesia ternyata udah jadi budaya turun temurun loh Wargi Bandung. Jaman dulu, ngopi emang identik sama yang udah tua. tapi anak muda jaman sekarang udah banyak y ang suka ngopi bahkan ada yang dijadiin hobi. Beberapa tempat ngopi udah bertransformasi jadi café dengan racikan barista. Ini dia tempat ngopi di Bandung yang reccommended

Noah’s Barn Coffenery

naohs barn 1

Ini Coffeshop terkece se-Bandung loh. Mau tau alasannya? Pertama, tempatnya keren banget  dgn accesories barang antik-nya yang seabreg tapi ditata jadi sweet banget. Dijamin kamu bakal betah lama-lama nongkrong disini deh Wargi Bandung. Di Noah’s Barn pengunjung gak akan dikasih menu, karna list menunya udah ada ditulis ditembok sama huruf yang gede-gede banget. Kalau kamu suka manual brew, Noah’s barn kasih kebebasan Wargi Bandung buat pilih. Mau syphon, french press, vietnam drip, aero press, cold drip, atau woodneck, kamu bisa langsung minta ke baristanya ya. Pilihan cemilannya juga banyak. Bisa pilih mulai dari bread, cakes, pastries, sampai pies.

Noah’s Barn
Jl. Dayang Sumbi No. 2 Bandung
Telp 022 8252 6452

Mon-Fri: 08:00-23:00
Sat-Sun: 08:00-Midnight

www.noahsbarn.com
Facebook: noahsbarncoffee
Twitter: @noahsbarn
Instagram: @noahsbarn

 

Two Hands Full

two hands full 1

Daya tarik Two Hands Full bukan cuma karna kopi yang mantap. Menu-menu ala breakfast & brunch disini recommended banget. Atmosfer yang psati dirasain pas Wargi Bandung masuk ke tempat ini, wargi bandung bakal ngerasa kaya bukan lagi di Indonesia. Katanya, Two Hands Full terinspirasi dari sebuah tempat minum kopi di Melbourne, Australia. Konsep coffeshop ini cocok banget buat kamu yang suka fotografi. Barista yang ganteng juga jadi daya tarik tersendiri buat coffeshop disini loh khususnya buat cewek. Wargi Bandung bisa nikmatin menu-menu khas sarapan yang  bergaya Australia. Apalagi untuk kamu penyuka sayur-sayuran organik dan artisan bread, bisa banget lho didapetin ditempat ini.

Two Hands Full
Jl. Sukajadi No. 206 Bandung

Opening Hours : 08.00 – 22.00 (Mon-Sun)
Instagram dan twitter : @thfcoffee

Yellow Truck

yellowtruck 3

Tempat ngopi yang satu ini juga bisa disebut playground. Wargi Bandung bayangin deh paviliun yang memanjang ke belakang ditambah halaman yang cukup luas, Kalau Wargi Bandung lewat jalan utama kawasan Pangalengan dari arah Bandung, di sebelah kanan akan terlihat bangunan kotak seluas dua hektar dengan gaya arsitektur modern. Ini adalah fasilitas pengolahan kopi yang dimiliki oleh pemilik Yellow Truck yang juga pemilik perusahaan Kopiku Indonesia . untuk rasa kualitas kopi, wargi bandung bayangin sendiri deh. Kopi racikan Aji Darius yang pernah menang kejuaraan Barista waktu festival Kopi di kota Bandung bulan Juli tahun 2012 dan dia juga finalis Indonesia Barista Competition bulan April 2013. Dijamin rasanya gak akan bikin kecewa kan Wargi Bandung?

Yellow Truck
Jl. Linggawastu 11, Bandung
Jl. Patuha No.29, Bandung
Pasar Khatulistiwa Dusun Bambu

Opening hours: 1pm – 9pm daily
Twitter : @YellowTruckCafe

Jack Runner Roastery

jack runner 1

Kalau Wargi Bandung pecinta kopi asli Bandung pasti gak asing lagi sama barista handal yang berinisial Mr O, yess the mastermind of jack runner roastery is Mr O. Jack Runner Roastery dulunya d’lumboenk cafe , tapi sekarang udah bertranformasi sepenuhnya menjadi Coffe Shop. Tempatnya cukup nyaman, dengan parkiran cukup luas. cocok buat Wargi Bandung yang pengen nongkrong sambil ngopi atau beristirahat sejenak di tengah kemacetan Jl. Ciumbuleuit.

Jack Runner Roastery
Jl. Ciumbuleuit No. 42 Bandung ( Sebelah apartemen galeri Ciumbuleuit) ( x-dlumboenk cafe)

Twitter : @JR_Roastery
Instagram : jackrunner.roastery.

Kopi Anjis

kopi anjis 2

List menu yang ditawarin disini yang gak bikin kenyang. Jadi recommended buat Wargi Bandung yang jaga bobot tubuh ideal deh. Kopi andalannya, Kopi sanger yang artinya ‘Sama-sama Ngerti’. Konon kopi ini adalah kopi buat mahasiswa berkantong tipis yang pengen nikmatin Kopi Aceh bercitarasa tinggi. Kopi Aceh disini diracik dengan cara disaring secara manual untuk menghasilkan rasa tradisional yang pekat dan nikmat. Kedai kopi ini nyediain aneka santapan yang terbuat dari bahan baku alpukat. Santapan yang cukup populer di kedai ini adalah roti gempol (gandum) yang dikombinasikan dengan beragam jenis topping.

Kopi Anjis
Jl. Bengawan No. 34 Bandung
Jl. Surya sumantri no. 25 Bandung

Twitter : @TheKopiAnjis

Blue Doors

blue doors 3

Blue Doors cocok buat Wargi Bandung yang ingin ngopi dengan suasana yang sepi, hangat, dan menenangkan.  Interior ruangannya mirip suasana rumah yang bergaya retro-clasic-vintage. Sebelum lewat pintu masuk Blue Doors yang bercat biru laut, kamu bakal liat tulisan dengan tip-ex atau cat putih berkuas keci. Dinding sebelah kiri dari pintu masuk gak dicat rapi. Dindingnya berwarna beige kusam dengan cahaya temaram dari lampu sorot emang udah tua, agak kusam dan catnya udah mengelupas sebagian tapi dikasih sentuhan vintage artistic dengan sketsa pensil bergambar artis cantik Hollywood tahun 70-an, Marilyn Monroe dan Audrey Hepburn. Di permukan lemari sebelah barista, ada tulisan gak rapi dengan tip-ex, “Sorry, we don’t have Wifi for now. Please talk each other”. Katanya sih ini tujuannya supaya ngedektin sesame pengunjung. Jadi pas ngafe gak main gadget, bener-bener bisa quality time.

Blue Doors Coffee
Jl. Gandapura no. 61 Bandung

Instagram : blue_doors

Rumah kopi

rumah kopi 3

Konsep coffeshop ini adalah rumah gaya Indonesia klasik dengan perabot kayu yang mendominasi ruangannya. Di beberapa sudut ruangan disediain peraduan yang bisa dipake pelanggan buat tidur-tiduran sambil menikmati suasana dago pakar yang cenderung masih dingin. Roemah Kopi jadi salah satu tempat favorit buat nikmatin Queen Coffee, espresso dengan racikan rum dan whipped cream ditaburi kayu manis, atau kopi hitam Toraja sambil nikmatin udara dingin kota Parijs van Java. Ngopi di sini jangan bawa kebiasaan di cafe buat duduk manis.Tempat duduk bisa dipilih di bale2 atau ruang tamu pokonya Wargi Bandung bisa ngerasain lagi ada dirumah. Eh bukan Cuma kopi loh yang dijual disini, makanan ringan dan berat kumplit juga disini. Ngopi asik, harganya juga asik.

Rumah Kopi
Jl. Terusan Ranca Kendal No 9
Dago-Bandung

Opening Hours 11.00-23.00

Cups Coffee & Kitchen

cups coffee 2

Satu lagi coffe shop berkonsep rumah. Berbagai olahan kopi disediakan disini, mulai dari Mocca, Flat White, Espresso, dan berbagai jenis olahan kopi yang lain siap manjain pengunjung. Buat yang gak  suka minum kopi, disediakan juga disini berbagai jenis teh dan susu. Dari segi interior, Cups Coffee and Kitchen terdiri dari 1 lantai. Didalemnya terdapat beberapa anak tangga yang membagi ruangan. Beberapa kursi terletak dibawah, sisanya ada diatas. Hiasan dinding yang dipasangpun eye catchy, beberapa hiasan dinding besar berbentuk oval menghiasi dinding sebelah kiri, dan hiasan ala rumahan menghiasi dinding bagian belakang. Karna focus ke Coffe-nya yang recommended banget, disini gak ada makanan berat. Cemilan yang ada, kue-kue, pancake/waffle, dan beberapa minuman lain tentunya.

Cups Coffee & Kitchen
Jl. Trunojoyo No. 25, Bandung

Twitter @CUPSCoffeeShop

Kopi Lamping

kopi lamping2

Di sini Wargi Bandung bisa nikmatin racikan kopi nikmat dari biji kopi pilihan produk khas Indonesia, mulai dari Kopi Jawa, Kopi Bali, Kopi Lampung, Kopi Toraja, dan Kopi Papua. Disini juga ada pilihan camilan loh. Dekorasi-nya klasik ala Jawa jadi kalo ngopi di sini Wargi Bandung bakal ngerasa ada di rumah sendiri. Kursi, meja sampai hiasan dinding semuanya tempo dulu. Walaupun konsepnya klasik, tapi disediain juga wifi dan colokan listrik di setiap sudut café. Ruang yang bisa dipilih buat  pengunjung terbagi jadi 3 bagian, bagian depan (outdoor), bagian tengah (indoor), dan bagian belakang (outdoor).

Kopi Lamping
Jl. Lamping No. 14, Bandung

Open Hours: 10am-10pm
Twitter @KopiLamping

Lacamera Coffee

locamerra

Menurut Yoki Hadiyanto Lacamera artinya sebuah “tempat untuk menikmati kopi” yang diambil dari khazanah frasa Italia. Sesuai namanya, menu disini menonjolkan aneka olahan dan racikan kopi. Selain kopi, Lacamera Coffee Bandung  juga memberi sentuhan lebih pada sajian waffle yang tertera dalam menunya. Sebagian besar menu yang ada selain menawarkan kenikmatan kopi juga menjanjikan kerenyahan dan kelembutan waffle. Wafflenya sendiri mengalami sedikit modifikasi hingga rasanya lebih empuk dan lembut. Konsep Lacamera Coffee  memiliki dekorasi minimalis dengan ciri khas kopi dan pernak perniknya.

Lacamera Coffee Bandung
Jl. Naripan 97 Bandung,
Telp (022) 4210 200

Facebook : Lacamera Coffee
Twitter : @LacameraCoffee

Two Cents

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Two Cents memiliki konsep interior yang menarik dengan hiasan-hiasan unik, seperti kantong kantong kopi, dan rak yang berisi timbangan, teko, telepon jadul dan lain-lain mempercantik desain Two Cents. Tidak hanya itu, disalah satu dinding, terdapat mural yang eksentrik. Disini juga menyediakan beberapa olahan teh, smoothie dan coklat. Beberapa camilanpun ditawarkan sebagai teman minum kopi Wargi Bandung.

Two Cents Brew Believer
Jl. Cimanuk No. 2, Bandung
Telp : (022) 4261336

Instagram : @twocents_coffee

Kopi Selasar Sunaryo

kopi selasar 2

Suka kopi dan seni? Kopi Selasar Sunaryo jawabannya! Kopi Selasar merupakan bagian dari Selasar Sunaryo, galeri seni yang terkenal di Bandung. Dalam galeri ini terdapat galeri seni, tempat pertujukan seni, perpustakaan, dan juga art shop.  Wargi Bandung juga bisa bisa menikmati pemandangan yang indah dari Kopi Selasar sambil duduk-duduk di kayu dengan ornamen unik. Pohon di tengah-tengah kafe juga bikin ornament-ornamen kayu di kursi dan sejuknya Dago Pakar bersama kopi racikan Kopi Selasar sangat nikmat.

Selasar Sunaryo
Jl. Bukit Pakar Timur no. 100 Bandung
Telp 022-2507939

Twitter : @SelasarSunaryo

 

Kopi Gesang Café

kopo gersang 1

Café ini ngejual kopi yang memang bernama gesang sehingga bernama Kopi Gesang. Gesang  adalah kopi yang disajikan dengan arang yang udah jadi bara. Arang ini sengaja di masukan ke kopi yang bertujuan buat mengikat kafein yang ada dalam kopi. Mirip kopi joss yang ada di angkringan Jogja. Disini menyediakan 14 jenis kopi Arabika ato Robusta yang asalnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Kopi Gesang
Jalan Cemara No. 58B Setiabudhi Bandung
Telp: 022-2042686

Kopi Ireng

kopi ireng 1

 

Kopi Ireng ini hadir denga konsep interior yang alami, romantis, dan membuat pelanggan merasa sangat rileks. Kopi Ireng hadir untuk memuaskan dahaga para “maniak” kopi atau penggemar kopi yang sangat menjunjung tinggi orisinilitas dan cita rasa ramuan kopi. Konsep joglo dengan dominasi kayu sebagai hiasan interiornya membuat minimalis naturalisnya akan sangat terasa. Anak tangga, kursi dan meja semuanya terbuat dari kayu yang dibiarkan tidak dicat, sehingga menghadirkan suasana yang jauh dari kesan rumah makan/cafe/resto.

Ada cukup banyak anak tangga yang harus dilewati untuk sampai ke Kopi Ireng. Di setiap meter naiknya, ada balkon yang menjorok keluar. Di sini ditempatkan sekitar 2 atau 3 meja yang bisa digunakan untuk ngopi  dengan lebih tenang dan intim. Pemandangan menghijau pada siang hari dan gemerlap lampu kota Bandung membuat saat ngopi terasa lebih romantis.

Kopi Ireng
Bukit Pakar Timur
Jl. Ciburial No. 1 Bandung
Telp. 022-2531074

Coffe And John

page2

Wargi Bandung harus coba tempat ngopi satu ini. Recommended coffee shop! Rasakan sensasi berada di taman rumah sambil ngopi. Ada tanaman-tanaman cantik yang mengelilingi taman. Kursi-kursi khas taman dan sofa yang nyaman dengan warna dominasi putih dan hitam juga membuat tempat ini semakin epic.  Di setiap meja ada gambar-gambar lucu yang digambar langsung oleh designer handal. Beberapa gambar karakter dan abstrak juga menghiasi lampu-lampu hias.

Ada dua tempat yang disediakan disini, outdoor dan indoor. Tanaman hias yang rindang dan cantik juga membuat tempat ini sejuk, khususnya duduk di outdoor walaupun siang hari yang terik. Lokasinya juga strategis, ada di tengah kota. Jadi Wargi Bandung gak perlu ke Bandung Utara untuk dapatkan tempat ngopi cozy dengan nuansa nature. Burung-burung cantik juga akan menemani Wargi Bandung ngopi disini

Jl Naripan no 99 Bandung

Armor Kopi

Menikmati secangkir kopi khas indonesia di tengah hutan? Armor Kopi tempatnya!
Armor berada di parkiran Taman Hutan Raya Djuanda Dago, cuaca  dingin serta pemandangan alam indah akan membuat ngopi-mu menjadi hal yang menyenangkan, ditambah lagi suasana rumah ala kayu di pegunungan yang membuat menjadi tempat nongkrong yang istimewa hingga malam menjelang.

Parkiran Taman Hutan Raya Djuanda Dago
Instagram: armorkopi.bdg

Kopi Panggang

Untuk yang ingin ngopi dengan harga terjangkau, silakan memilih Kopi Panggang. Kopi Panggang menempati bangunan di atas tanah yang menanjak. Ada anak tangga yang mengantarkan pengunjung ke coffe shopnya seperti ruangan semi terbuka dengan kursi-kursi dan meja kayu. Dengan lampu-lampu berbentuk lampion menggantung, tempat ini semakin istimewa. Kopi Panggang menawarkan kopi signature, roasted coffee, yang berprinsip “bean to the cup”, disajikan fresh & limited. Kekhasan Kopi Panggang menggunakan teknik manual brewing/hand press.

Jl. Ir. H. Djuanda no 391 Bandung
Instagram & twitter @kopipanggang

Kopi Progo

Dengan luas sekitar 600 meter dan memiliki gaya arsitektur rumah peninggalan Belanda, Kopi Progo menjadi ssalah satu tempat ngopi paling favorit Wargi Bandung. Coffee shop ini  super homy dan cozy. Mengedepankan sajian lezat, enak dan rasa kopi yang istimewa dengan harga reasonable dijamin Wargi Bandung gak akan menyesal datang ke sini. Kopi Progo mengambil kopi dari Toraja, Aceh, Bali, Papua dan Jawa dengan beberapa pilihan penyajian. Kalo expresso blend, Progo special order yaitukopi Toraja dan Lampung. Untuk yang blended spesialnya, ada Kopi progo ada Kopi kurma, ada Kopi alpukat, dan ada kopi pisang, ada juga kopi licker-nya yang cuma ada di Kopi progo.

Kopi Progo
Jl. Progo no. 22 Bandung

Warung Kopi Purnama

Orang Bandung pasti tau warung kopi paling legendaris di Bandung ini. Menurut sejarah yang ada di buku menu warung kopi ini, Warung Kopi Purnama berdiri dari tahun 1930-an dengan nama Chang Chong Se yang berarti “Silahkan Mencoba”. Kemudian di tahun 1966 berganti nama menjadi Warung Kopi Purnama.Dengan tetap mempertahankan resep asli dan cita rasa kualitas kopinya, tidak heran Warung Kopi Purnama ini masih tetap bertahan sampai sekarang.

Kopi Purnama
Jl. Alkateri No. 22, Bandung
Telp: (022) 420 1841

Jam Operasional: Daily, 7am-7pm

Caffe Bene

Caffe Bene di Korea merupakan salah satu coffee house yang sudah tersohor namanya, meskipun baru berdiri sejak 2008, coffee house ini sudah memiliki 760 cabang yang tersebar seantero Korea Selatan.  Di Indonesia pun mereka punya 2 cabang di Jakarta dan Bandung.Cabang Bandung dibuat seperti kebanyakan coffe house, homey dan membuat siapapun betah berlama-lama. Interiornya kental dengan nuansa tanah dengan furnitur kayu dan penerangan berwarna kuning yang hangat serta deretan rak berisi buku-buku membuat coffee house ini cocok bagi siapa saja yang ingin menghabiskan hari sambil leyeh-leyeh.

Caffe Bene
Jl. Ir. H. Djuanda No. 155, Bandung
No. Telp: (022) 251 5999

Foto by :
www.cikopi.com
www.qraved.com
anakjajan.com
annisasatriana.blogspot.com
direktori.indonesiakreatif.net
www.kopiireng.com

Komentar

Total Komentar

5 COMMENTS

Comments are closed.