BANDUNG, infobdg.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, acap kali terlibat dalam film layar lebar, seperti film Dilan 1991 (2019) dan Yowis Ben (2018).

Foto: Humas Jabar

Tahun ini, Kang Emil, sapaan akrabnya kembali membuktikan dukungannya terhadap industri perfilman nasional dengan menjadi pengisi suara (dubber) film animasi berjudul Riki-Rhino, garapan sutradara Erwin Budiono.

Dalam film yang mengisahkan tentang kehidupan seekor Badak Sumatera bernama Riki ini, Kang Emil berperan sebagai pengisi suara karakter bernama Grada, si Elang Jawa. Ini merupakan pengalaman baru baginya, sebab sebelumnya Kang Emil belum pernah mengisi suara di film animasi.

“Biasanya dubbing dalam acara radio atau ucapan-ucapan seremonial, kalau mengisi suara di film animasi, ini pengalaman baru,” ujar Kang Emil, saat menghadiri premiere film animasi Riki-Rhino di Bandung, Jumat (21/2).

Menurut Kang Emil, menjadi dubber film animasi lebih membutuhkan kehati-hatian. Setiap kalimat dan intonasi yang tertulis di dalam script harus sesuai dengan gerak pada animasi.

“Kalau saya ngomongnya terlalu cepat, kasihan ke animatornya, antara intonasi, kecepatan itu harus pas dengan gerak di filmya. Itu yang agak sulit dan tentunya harus menyesuaikan,” bebernya.

Proses dubbing tak membutuhkan waktu yang lama. Kang Emil melakukannya di akhir pekan, di sela kegiatannya sebagai Gubernur.

“Nggak lama, kurang dari 20 menitan. Dan dilakukan di akhir pekan di Gedung Pakuan,” katanya.

Ia mengaku senang bisa ikut terlibat dalam film Riki-Rhino, karena film animasi produksi Batavia Pictures ini membawa pesan positif bagi bangsa serta dinilai mampu menggerakkan ekonomi kreatif di Jabar.

“Saya senang karena film ini mempekerjakan 70 orang yang mayoritas anak-anak Bandung, anak-anak Jawa Barat. Kalau berhasil, ini kado indah buat semua pihak, tentang faunanya, tentang animasi dari sisi ekonomi kreatifnya, dan tentang ke-Indonesia-an dan Jawa Baratnya,” ujar Kang Emil.

Adapun sederet selebritas nasional yang ikut terlibat dalam film di antaranya Hamish Daud yang berperan sebagai pengisi suara Riki, Ge Pamungkas (Beni), Zack Lee (Mr. Jak), Aurel Hermansyah (Bebeb), Cemen (Jathul), Mo Sidik (Bogeng), Mikhaela Lee (Rara), dan Arsyi Hermansyah (Tukik). Film ini mulai tayang di bioskop-bioskop pada 27 Februari mendatang.

Komentar

Total Komentar