BANDUNG, infobdg.com – Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern dalam Indonesia Menari 2018.

Acara rutin yang memasuki tahun ketujuh penyelenggaraannya, kali ini digelar di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Semarang. Kegiatan tahunan yang dilakukan sejak tahun 2012 ini dimeriahkan sekitar 4.200 peserta di 4 kota di Indonesia. Para peserta yang terdiri dari perorangan, berbagai komunitas generasi muda, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas di Indonesia ini akan bersama-sama menari dan menunjukkan kemampuan mereka untuk mendapatkan total hadiah ratusan juta rupiah.

Indonesia Menari adalah kegiatan positif yang perlu dijalankan secara konsisten
setiap tahunnya untuk mengajak berbagai jenis elemen masyarakat menari bersama sebagai bentuk nyata kepedulian pada budaya Indonesia khususnya tarian.

Antusiasme masyarakat akan Indonesia Menari 2018 ditunjukkan dari jumlah pendaftar yang datang dari beragam daerah disetiap kota nya. Dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area di Grand Indonesia, Jakarta; Mall The Park, Solo; dan 23 Paskal Shopping Centre, Bandung. Khusus di Semarang diselenggarakannya outdoor yaitu di Taman Indonesia Kaya.

Acara ini juga akan diramaikan dengan kehadiran para pekerja seni yang turut menari
bersama dalam kemeriahan Indonesia Menari 2018 di masing-masing kota. Aktor Dimas Beck dan Ify Alyssa menari bersama ribuan peserta di Jakarta; Bisma Karisma dan Gloria Jessica menari bersama para peserta di Bandung, sedangkan Rafael dan Marsha Aruan akan meramaikan Indonesia Menari 2018 Solo.

Indonesia Menari 2018 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang dikonsep oleh Sofura Maulida dengan menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan dikemas secara modern dengan durasi 4 menit yang diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Riau (Soleram), Kalimantan Selatan (Ampar-Ampar Pisang), Jawa Tengah (Cublak-Cublak Suweng), dan Papua (Yamko Rambe Yamko).

Para peserta dapat menyaksikan tutorial gerakan Indonesia Menari 2018 melalui www.indonesiakaya.com. Para peserta diwajibkan untuk mengikuti gerakan tari yang telah dikonsep, namun gerakan ini terbuka untuk dikreasikan oleh para peserta kelompok misalnya berkreasi di pola lantai/blocking, variasi tinggi rendah pada setiap gerakan. Sedangkan untuk kostum, seluruh peserta diwajibkan menggunakan tema etnik modern yang memberikan kebebasan bagi para peserta untuk menggunakan kreatifitas masing-masing selama tidak akan mengganggu peserta lainnya.

Komentar

Total Komentar