7 Jajanan Unik Berbahan Dasar Tahu

2
35367

BANDUNG, infobdg.com – Siapa yang belum pernah makan tahu? Pastinya orang Indonesia jelas mengenali makanan berbahan dasar tahu kan? Bahkan sejak kita kecilpun makanan ini sudah sering kita jumpai.

Tahu merupakan hasil olahan dari bahan dasar kacang kedelai yang memalui proses pengendapan/penggumpalan oleh bahan penggumpal. Kacang kedelai sebagai bahan dasar pembuatan Tahu mempunyai kandungan protein sekitar 30-45% loh! Jika kita bandingkan dengan kandungan protein pada bahan makanan lainnya seperti daging (19%), ikan (20%) dan telur (13%), nah ternyata kedelai ini merupakan bahan pangan yang mengandung protein tertinggi loh! Sudah murah mengandung protein yang banyak pula lagi ya? Jangan salah loh di Indonesia Tahu jelas ikut menunjang peranan dalam pola makanan sehari-hari sebagai lauk-pauk maupun sebagai makanan ringan.
Bicara mengenai makanan ringan nih ya! Wargi Bandung yang selalu inovatif dalam berkreasi sehingga menghasilkan olahan jajanan ringan berbahan dasar tahu yang begitu lezat dan unik. Kira-kira jajanan Tahu apa saja si yang bisa kalian cicipi? Yuk, intip 7 Jajanan berbahan dasar tahu di bawah ini ya 

Tahu Brintik

tahu brintik

Tahu Brintik ini jajanan paling unik di Bandung yang cocok kamu nikmati disaat perut kamu berdendang. Yap! Maksudnya cocok banget dijadikan pengganjal perut. Tahu Brintik ini merupakan Tahu sumedang yang di goreng dengan tepung. Setelah matang, goreng tahu ini di lumuri dengan mayonnaise dan juga seperti saus sambal. Sensasi yang hadir ketika kita menjajal Tahu Brintik ini adalah pedas dan manis. Penasaran kan? Hmm, dijamin sekali coba pasti kamu ketagihan deh wargi Bandung!
Lokasi : Badung Trade Centre (BTC) – Jl Pasteur
Giant Hypermarket Mall Pasteur Hyper Point – Jl Pasteur
Gramedia – Jl Merdeka

Tahu Jablay

tahu jablay

Jangan ngaco deh mikirnya! Tahu Jablay sama sekali tidak ada hubungannya dengan jablay yang satu itu loh! Tidak ada yang tahu pasti kenapa tahu ini disebut jablay, namun nama itu tiba-tiba terlontar dari sekumpulan anak muda yang sedang menikmati jajanan ini. Biasanya Tahu Jablay ini memiliki panggilan Tahu Jabs! Jadi, Tahu Jablay adalah tahu yang dipotong kecil-kecil seperti dadu, lalu digoreng kering lalu di beri bumbu bubuk seperti bubuk cabai, keju, BBQ.
Lokasi : Biasanya terdapat di sekolah-sekolah

Tahu Gejrot

tahu gejrot

Tahu gejrot adalah jajanan tahu yang terbuat dari tahu sumedang goreng disajikan dengan bumbu. Tapi, sebelum dicampur dengan bumbu itu biasanya abang-abang penjual Tahu Gejrot ini mengulek bawang merah dan juga cabe rawit di atas cobek kecil lalu tahu goreng dipotong kecil-kecil menyerupai dadu dan disiram oleh bumbunya.
Lokasi : Jl Cimandiri

Tahu Hot Jeletot

tahu hot jeletot

Tahu Hot Jeletot yang akan membuat Anda melotot bak melihat gadis sangat cantik. Salah satu cemilan favorit warga sekitar ini memang paling maknyus dimantap jika bosan dengan segala kuliner atau jajanan yang itu-itu saja. Bahkan bisa menjadi cemilan buat kamu pecinta pedas loh. Tahu hot jeletot ini pada dasarnya adalah gehu yang bercita rasa sangat pedas. Umumnya, gehu hanya tahu yang diisi toge, dilumuri adonan tepung, lalu digoreng. Selain toge, ada tambahan isi dari tahu hot jeletot ini, yaitu irisan wortel, irisan kol, dan tentu saja sambal cabai.
Lokasi : Biasanya terdapat di sentra makanan kaki lima

Tahu Bulat

tahu bulat

Tahu yang kita kenal biasanya berbentuk kotak tapi jelas berbeda dengan Tahu yang satu ini. Inovasi yang hadir dari bentuk tahu yang berbeda ini membuat Tahu ini di pandang unik. Tahu bulat diolah dengan cara digoreng garing dan sangat enak disajikan hangat. Biasanya di sajikan dengan sambal, cengek ataupun bubuk cabai di atasnya.
Lokasi : Biasanya terdapat di sentra makanan kaki lima

Tahu Peletok

tahu peletok

Tahu ini merupakan tahu yang sudah dibelah di goreng terlebih dahulu dengan campuran tepung hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu Tahu ini di potong-potong lalu di guyur semacam kecap yang terdapat cabe di dalamnya. Rasa dari bumbu itu sendiri seperti campuran kecap, gula dan juga cabe jelas rasa yang hadir terdapat rasa manis, gurih dan asin.
Lokasi : Depan Prima Rasa – Jl Kemuning

Tahu Gak Sih?

tahu gak sih

Ini bukan pertanyaan loh! Tapi memang namanya “Tahu Gak Sih?” hihi unik ya. “Tahu Gak Sih?” dibuat dari olahan berbahan dasar tahu susu lalu di buat menggunakan susu sapi sehingga rasanyapun lebih gurih dibandingkan tahu biasa. Nama menu Tahu nya pun unik loh seperti Tahuran, Tahubat, Ketahuan deh, Tahu gitu tambah lagi, dan Tahu diri. Tak hanya namanya saja yang unik tapi rasanya juga. Ga salah dong kalo ada waktu menyempatkan untuk mencicipi Tahu bernama unik ini.
Lokasi : Jl Dago No 109 – Café Dago
Jl Ambon – Saparua

Dari berbagai jajanan Tahu diatas sekiranya mana sih yang ingin kalian coba? Tenang, jajanan seperti ini tidak perlu merogok saku kamu dalam-dalam kok! Kurang lebih cukup dengan 10.000 saja kamu bisa mencicipi jajanan seperti di atas.

Komentar

Total Komentar