Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung Periksa Pencemaran Sungai Cijalumpang

By on February 14, 2013 | views: 167
http://weblogask.blogspot.com
http://weblogask.blogspot.com

http://weblogask.blogspot.com

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung sudah mengadakan pemeriksaan sungai Cijalumpang yang diduga tercemar limbah pabrik.

“Kami sudah mengadakan pemeriksaan air sungai maupun ke dalam pabrik yang membuang limbah,” ujar Kepala BPLH Ahmad Rekotomo di Pendopo, K

amis (14/2/2013).

Menurut Rekotomo, hasil pemeriksaan sungai, jelas tercemar melebihi ambang batas baku mutu kualitas air. Sedangkan di dalam pabrik ternyata memiliki tempat pembuangan sementara (TPS) limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3).

Rekotomo mengatakan, pabrik yang mencemari sungai Cijalumpang PT SS, perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kemeja dan celana telah diberi peringatan.

BPLH memeriksa sungai Ci

jalumpang berawal ketika Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda bersihkan sungai air berubah warna.

Rekotomo mengakui pihaknya tidak maksimal mengawasi sungai di Kota Bandung yang jumlahnya mencapai 46 sungai karena keterbatasan tenaga dan dana operasional.

“Untuk memeriksa kualitas air di laboratorium biaya cukup besar sehingga tidak bisa memeriksa secara rutin,” ujar Rekotomo.

Rekotomo mengatakan, sun

gai Kota Bandung yang mendapat pembuangan limbah dari pabrik ada 16 sungai tapi perusahaan yang buang limbah diberi kewajiban memberikan laporan kualitas air sungai yang berada di lingkungannya.

BACA JUGA:

 

Editor: Anwar Sadat Guna  |  Sumber: Tribun Jabar

Bhakti Wirawan

Advertising Manager @infobdg | Announcer @InfoBdgRadio | For Event Media Partner & Advertising: contact@infobdg.com | Web: www.infobdg.com

Komentar

Komentar