Bandung Dan Perfilman Indonesia

0
1151

BANDUNG, infobdg.com- Wargi Bandung tahu enggak kalau Bandung dan film Indonesia  punya keterkaitan yang kuat? Film pertama kali di Indonesia adalah film bisu tahun 1926 yang berjudul Loetoeng Kasaroeng dan dibuat oleh sutradara Belanda G. Kruger dan L. Heuveldorp. Saat film ini dibuat dan dirilis, negara Indonesia belum ada dan masih merupakan Hindia Belanda, wilayah jajahan Kerajaan Belanda. Film ini dibuat dengan didukung oleh aktor lokal oleh Perusahaan Film Jawa NV di Bandung.

Ajang perhargaan bergengsi di dunia perfilman pun mengusung kota Bandung yaitu Festival Film Bandung, yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Film memiliki keterikatan di Kota Bandung, sudah banyak film Indonesia yang menjadikan Bandung sebagai latar tempat syuting. Nih, team Infobdg sudah menyediakan list film mana saja yang berlatarkan Bandung!

  • FROM BANDUNG WITH LOVE

From-Bandung-With-Love

Dari namanya saja sudah jelas, bahwa film ini mengusung Bandung. Film ini diperankan oleh Marsha Timoty yang menjadi seorang penyiar radio di Bandung dan sedang dalam proses penelitian tentang contoh lelaki yang tidak setia, ia justru terjebak dalam lingkaran perasaan kepada obyek penelitiannya.

  • JOMBLO

jomblo_film

Film tahun 2006 ini menceritakan mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di Bandung. Mereka ber-empat sedang mencari cinta sejati. Ada yang sudah lama sendiri, ada yang sudah terlalu capek menjadi playboy.

  • HEART

heart

Film ini pernah happening di tahun 2006 yang sudah mengumpulkan kurang lebih 1,3 juta penonton. Film ini mengangkat tema cinta yang romantis diperankan oleh Irwansyah, Nirina Zubir dan Acha septriasha.

  • PERAHU KERTAS

Perahu-kertas-2

Film ini di adaptasi dari buku karangan Dewi Lestari, menceritakan cerita cinta mahasiswa Bandung yang tidak terungkap kemudian berpisah namun akhirnya dipertemukan kembali.

  • THE WEDDING & BEBEK BETUTU

pemain-extravaganza-reuni-di-trailer-the-wedding-bebek-betutu

Film ini mengambil cerita dibalik ribetnya persiapan pesta pernikahan anak seorang pemilik hotel yang kaya raya (Ronal dan Mieke), yang menariknya di film ini adanya bapak Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung) yang menjadi cameo.

  • MAMA CAKE

mamacake

Mama cake ini film komedi yang mampu mengocok perut, Bercerita tentang tiga pemuda yang menjalankan perintah salah seorang mamanya untuk membeli kue brownies kukus di Kota Bandung. Di balik tugas dari mamanya banyak pelajaran yang didapatkan.

  • MADRE

Poster-Film-Madre

Lagi-lagi film ini di adaptasi dari novel karangan Dewi Lestari, film ini menceritakan Tansen yang di perankan Vino G Bastian yang diberi warisan toko roti dan bahan rahasia yaitu madre. Bertempatkan di salah satu toko kue tua di kawasan Braga.

  • TARIX JABRIX

postertju_1

The Cangcuters band asal Bandung ini menjadi pemeran utama dalam film ini menceritakan kehidupan antara cinta dan geng motor anak SMA di Bandung.

  • PETUALANGAN SHERINA

Petualangan_Sherina

Siapa yang enggak tau film ini? Film anak-anak yang pernah booming di tahun 2000. Berlokasi di lembang, menyuguhkan perkebunan Teh dan Sayuran. Selain perkebunan di Lembang, Boscha menjadi latar yang paling khas di film ini.

Masih banyak film lainnya yang berlatarkan kota Bandung dan sekitarnya, dari tahun ke tahun Bandung seperti tidak pernah habis akan keindahan yang wajib diperlihatkan. Yuk, sebagai wargi Bandung jangan lupa dukung perfilman Indonesia!

 

Komentar

Total Komentar