JAKARTA, infobdg.com – Puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 pada bulan Maret mendatang akan dirayakan di Kota Bandung, Jawa Barat. Peringatan Harkonas ini merupakan hari spesial terkait perlindungan hak-hak konsumen.

Foto : Humas Jabar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memaparkan, bahwa Indonesia masih terus berupaya dalam pemberdayaan konsumen, karena konsumen sering menjadi pihak yang lemah sehingga tak mampu memperjuangkan kepentingannya.

“Termasuk saya pernah beli barang, tapi tidak sesuai ekspektasi, nah hal-hal seperti ini, bagaimana dengan mudah sebagai konsumen kita bisa mengadu,” ujar Ridwan Kamil.

Adanya perayaan Harkonas ini mengacu pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, untuk meningkatkan pemahaman konsumen mengenai hak dan kewajibannya.

Kang Emil sangat mendukung kegiatan ini. Melalui Harkonas, ia berharap para konsumen bisa menjadi subjek penentu kegiatan ekonomi, juga dapat menghadirkan konsumen cerdas yang mencintai produk dalam negeri. “Kami mendukung dan berterimakasih, Jawa Barat dipilih sebagai tuan rumah Hari Konsumen Nasional 2019,” kata Emil.

Foto : Humas Jabar

Emil menerangkan bahwa kelas konsumen di Jawa Barat punya daya beli yang cukup kuat. Kekuatan tersebut diperkirakan akan naik dua kali lipat dalam 11 tahun. Tentunya hal ini menandakan perlindungan terhadap konsumen yang menguat.

“Kesadaran itu akan kita luncurkan di bulan Maret 2019, nanti tanggalnya menyusul, sekaligus akan ada peresmian kantor metrologi dan pasar tradisional,” kata Emil.

Untuk tahun ini, Harkonas 2019 di Bandung akan mengangkat ikan lumba-lumba yang memakai ikat kepala dan sarung khas Jawa Barat sebagai logo. Lumba-lumba ini dipilih karena dikenal sebagai hewan cerdas yang menandakan konsumen pun harus cerdas dalam berbelanja.

Komentar

Total Komentar