BANDUNG, infobdg.com – Baru-baru ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menetapkan 6 daerah di Jawa Barat yang berstatus tanggap bencana banjir dan longsor, yakni Kab. Bandung Barat, Kab. Bekasi, Kab. Bogor, Kab. Karawang, Kab. Indramayu, dan Kota Bekasi.

Sehubungan dengan itu, Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Barat telah mengirim bala bantuan melalui Taruna Siaga Bencana (TAGANA), ke-6 daerah tersebut.

Dikatakan Sekretaris Dinsos Jabar, Barnas Adjudin, bahwa hingga saat ini pihaknya melalui TAGANA telah mendirikan dapur umum, mengirim perahu karet dan mobil tangki, serta menyalurkan kebutuhan-kebutuhan dasar, seperti pakaian, susu bayi, dan telur.

“Kami telah mengirimkan relawan Taruna Sigana Bencana untuk membantu para korban terdampak banjir, bantuan seperti mendirikan dapur umum, menyediakan kebutuhan dasar seperti pangan dan sandang, juga perahu karet untuk mobilitas,” ungkap Barnas, ditemui di Gedung Sate, Senin (6/1).

Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang terdiri dari 6.900 relawan ini pun turut mendistribusikan sejumlah logistik ke daerah-daerah yang sulit diakses menggunakan motor dan jalan kaki.

“Jangkauan beberapa lokasi sangat berat, tapi relawan (TAGANA) tetap ikut serta dalam pengirman logistiknya,” ucapnya.

Barnas berharap, melalui relawan-relawan TAGANA, Dinsos Jabar bisa selalu siaga memberikan bantuan dan terdepan saat terjadi bencana, terutama di Jawa Barat.

Komentar

Total Komentar