BANDUNG, infobdg.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hadir dalam Festival Kopi dan Coklat 2019 yang diselenggarakan di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung, pada 22-25 Agustus 2019.

Dalam festival tersebut, stan BNBP menyediakan berbagai jenis kopi seperti arabika, robusta, dan liberika yang berasal dari berbagai daerah pascabencana dan rawan bencana di Indonesia antara lain Lingkar Gunung Sinabung Kabupaten Karo, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kepahiang Bengkulu, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, daerah Dieng dan Kalibening Kabupaten Banjarnegara, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bayan Kabupaten Lombok Utara, Sajang Sembalun Gunung Rinjani Lombok Timur, dan Kalosi Enrekang.

“Berbagai jenis produk kopi yang dipasarkan ini antara lain berasal dari daerah-daerah pasca atau rawan bencana seperti bekas erupsi, upaya-upaya pengurangan risiko bencana kebakaran dan lahan, banjir bandang, badai, longsor, hingga gempa bumi,” beber Makbul, Kasubdit Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi BNPB, Kamis (22/8).

Tak hanya kopi, ada pula produk-produk lainnya yang didukung pemasarannya oleh BNPB berupa makanan ringan dari Kabupaten Bangkalan, makanan olahan tepung Mocaf dari Sumedang, olahan coklat dari Lombok Nusa Tenggara Barat, Teh Kayu Sepang dari Sumbawa Nusa Tenggara Barat, serta kerajinan kulit kayu dan noken dari Sentani Jayapura-Papua.

Makbul menegaskan, pihaknya (BNPB) berkomitmen untuk melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi ekonomi masyarakat setelah diterpa bencana. Salah satu upayanya dilakukan BNPB dalam dukungan pemasaran bagi kelompok-kelompok usaha yang terdampak bencana. Menurutnya, melalui pameran seperti ini akses pemasaran dan perekonomian dari kelompok-kelompok usaha daerah pascabencana tersebut akan lebih terbuka dan menjadi semakin pulih.

“Kami dukung masyarakat yang daerahnya terdampak bencana-bencana itu, salah satu upayanya kami bantu pasarkan produk-produk hasil olahannya,” ungkapnya.

Setelah Festival Kopi dan Coklat di Bandung, rencananya pameran dengan tema yang berbeda juga akan dilangsungkan di Kota Batam, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Komentar

Total Komentar