- Advertisement -

Berfoto Ria di Danau Tadah Hujan Cipatat

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Danau buatan di Desa Ciptaharja, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, kini menjadi incaran para pecinta fotografi karena dianggap mirip dengan “Waduk Mini Kleco” yang ada di Yogyakarta. Danau buatan ini disebut dengan Danau Tadah Hujan atau Danau Lope. Tujuan pembuatan danau ini adalah untuk menampung air hujan yang akan menjadi cadangan air saat musim kemarau.

Danau ini dibuat pada Juni 2010 dan selesai pada April 2011. Luas danau sekitar satu hektar dengan ketinggian 300 sampai 400 mdpl dengan kapasitas 50.000 meter kubik dan kedalaman kurang lebih 10 meter jika penuh. Wargi Bandung yang datang kesini bisa menikmati suasana pinggir danau yang sejuk dan membeli buah-buahan dari kebun yang ada di sekitar danau. Di kebun seluas 57 hektar ini Wargi Bandung bisa membeli durian montong, jambu kristal, kelapa pandan wangi, lengkeng, rambutan, buah naga, jambu air, dll.

Untuk datang kesini tidak ada tiket masuk alias gratis karena memang tidak dibuat untuk tempat wisata pada awalnya. Danau ini ada di puncak bukit, sehingga Wargi Bandung bisa menikmati sejuknya udara khas pegunungan di pinggir danau.

Akses ke Danau ini bisa ditempuh dengan berkendara ke arah Cipatat. Sebelum Kecamatan Cipatat terdapat belokan ke kiri, kemudian Wargi Bandung akan melintasi jalan desa hingga melewati kantor desa atau SMAN 1 Cipatat. Akan ada percabangan jalan, pilih jalur kiri, kemudian akan ada pertigaan jalan, kantor pengelola perkebunan ada di jalan ke kiri, sedangkan untuk sampai ke danaunya pilih jalur yang lurus, kemudian belok ke arah kanan. Kendaraan roda empat hanya bisa sampai di sini karena selanjutnya harus melewati jalan setapak sekitar dua kilometer yang hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Kalau Wargi Bandung datang ketika sedang musim berbuah, jalan ke danau ini akan sangat indah pemandangannya.