BANDUNG, infobdg.com – Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat selama 3 hari ke depan, mulai 8-10 Januari 2020.

Sumber: BMKG

Selama sepekan ke depan, BMKG memprediksi adanya peningkatan awan hujan yang cukup signifikan lantaran meningkatnya aktivitas Monsun Asia. Ini dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia. Kondisi ini pun bisa mengakibatkan terjadinya cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat, petir, juga angin kencang khususnya di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

Adapun wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrim pada 8-10 Januari 2020 menurut BMKG adalah sebagai berikut:

8 Januari 2020: Depok, Bogor, Bekasi, Sukabumi, Garut, Majalengka, Tasikmalaya, Indramayu, Karawang Purwakarta, Ciamis, Banjar, Cirebon.

9 Januari 2020: Depok, Bogor, Bekasi, Subang, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Purwakarta, Tasikmalaya, Garut, Indramayu, Sumedang, Majalengka.

10 Januari 2020: Depok, Bogor, Bekasi, Karawang, Garut, Bandung, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Purwakarta, Subang, Indramayu.

Sementara di wilayah Bandung Raya sendiri, hujan diprediksi terjadi pada kurun waktu siang ke malam, selebihnya cuaca masih berawan. Sesuai informasi dari Kepala BMKG Kota Bandung, Tony Agus Wjaya S.Si , bahwa daerah yang besar kemungkinannya berpotensi hujan lebat periode 8-10 Januari 2020 ini adalah di Bogor, Bekasi, Depok.

“Yang berpotensi hujan lebat adalah di Bogor, Bekasi, Depok,” kata Tony, via sambungan chat, Rabu (8/1).

BMKG menegaskan bahwa hujan dengan intensitas sedang-lebat yang berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat periode 8-10 Januari 2020 ini tidak akan se-ekstrim hujan pada tanggal 1 Januari 2020 lalu. Meski begitu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.

Bagi masyarakat, khususnya Wargi Bandung yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:

– call center 021-6546315/18;
– http://www.bmkg.go.id;
– follow media sosial @infoBMKG;
– atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Komentar

Total Komentar