Daftar Tunggu Haji Kota Bandung Mencapai 5 Tahun

By on January 14, 2012 | views: 2,353

BANDUNG – Daftar tunggu ibadah haji di Tanah Suci untuk wilayah Kota Bandung mencapai 5 tahun. Saat ini, pendaftar untuk jemaah calon haji yang tercatat di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung sudah 13.115 orang.

Kepala Kemenag Kota Bandung, H. Diding, M.Ag. mengatakan, estimasi daftar tunggu hingga lima tahun jika melihat kuota jumlah jemaah haji yang diterima Kota Bandung dan Jawa Barat. Tahun 2011, Jabar mendapatkan kuota haji sekitar 37.500-an jemaah, dengan kuota untuk Kota Bandung 3.550 jemaah.

“Selain itu pendaftaran sudah terkomputerisasi melalui Siskohat, sehingga ada estimasi perkiraan daftar tunggu,” kata Diding saat ditemui di sela-sela launching kantin kejujuran di SMKN 9, Jln. Soekarno Hatta, Jumat, (13/1).

Meski terlihat terjadi antrean panjang untuk melakukan ibadah haji reguler hingga 5 tahun, namun menurutnya, umat muslim tidak perlu khawatir. Sebab, dalam pemberian kursi berlaku urut kacang. Artinya, jika ada calon jemaah yang mengundurkan diri maka posisi berikutnya akan menggantikannya.

“Untuk tahun 2011 saja, tercatat sebanyak 120 jemaah calon haji mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Antara lain karena tidak melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) atau ada yang sakit dan meninggal dunia. Maka otomatis akan digantikan oleh nomor kursi yang di bawahnya,” ujarnya.

Dikatakan, dari jumlah pendaftar yang mencapai 13.115 orang, sekitar 5% di antaranya merupakan jemaah haji yang masuk kategori lansia atau di atas 60 tahun.

Mengenai kuota untuk tahun 2012, dia mengatakan, belum bisa dipastikan. Sebab, belum ada keputusan resmi dari pusat. Rencananya, Juli mendatang kuota bagi provinsi c.q. kota/kabupaten baru akan diumumkan. Begitu pula dengan keputusan Kemenag RI yang pada tahun lalu memprioritaskan para lansia dalam menjalankan ibadah haji. Di Kota Bandung, untuk tahun sebelumnya tercatat satu jemaah berusia 87 tahun.

sumber

cipzie

Part-time Photographer, Half-Soul in Graphic Design, Digital Media Enthusiast, Social Media Speaker.

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM