BANDUNG, infobdg.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung bersama TNI dan Kepolisian membongkar sebagian aspal di perempatan Jalan Cipaganti-Pasteur yang sebelumnya mengeluarkan kepulan asap misterius, pada Selasa (14/1).

Pembongkaran aspal seluas 2 meter tersebut dilakukan petugas DPU menggunakan jackhammer. Petugas mengeruk hingga kedalaman 3 cm untuk mengetahui penyebab timbulnya kepulan asap dari dalam aspal.

“Pembongkaran di tempat keluarnya asap ke daerah yang di cat hitam ini (aspal), ternyata pas dikeruk benar keluar asap,” kata Asep Suryana, Pelaksana Pemeliharaan Jalan dan Saluran Drainase UPT Cibeunying, DPU Kota Bandung.

Sebelumnya, timbulnya kepulan asap tersebut diduga akibat jalur kabel optik. Namun, Asep menuturkan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait sehubungan dengan adanya fenomena ini dan mengonfirmasi bahwa penyebab pasti timbulnya asap adalah penguapan cat oven.

“Ini sudah dikonfirmasi juga dengan Dishub, akibat lapisan cat oven,” ungkap Asep.

Ia menerangkan, asap timbul akibat penguapan cat oven berwarna hitam, di mana cat tersebut menimpa cat merah dan aspal yang sudah ada sebelumnya sehingga terjadi tekanan dari bawah (aspal) dan atas.

“Kalau aspal kan kepanasan naik keatas, menguap. Tekanan itu datang dari bawah, juga dari atasnya jadi menimbulkan asap. Kalau tidak ditekan, tidak akan ada asap, tadi juga sudah dicoba,” bebernya.

Saat ini, pihak DPU UPT Cibeunying tengah melakukan perbaikan terhadap aspal yang dikeruk dengan pemasangan hotmix. Dengan begitu, kepulan asap dipastikan tidak akan timbul kembali.

“Langsung diperbaiki kembali, dipakaikan hotmix. Sehari langsung jadi,” tutup Asep.

Komentar

Total Komentar