KUNINGAN, infobdg.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menghadiri acara Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (KOPDAR) pada Kamis (11/7), di Prima Sangkanhurip Resort, Kabupaten Kuningan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh 27 kepala daerah se-Jawa Barat beserta jajaran untuk mengintensifkan komunikasi dalam membahas program-program pembangunan Jawa Barat hingga penanganan DAS Citarum.

“KOPDAR yang ke-tiga kalinya ini untuk mewujudkan pembangunan Jawa Barat tahun 2020, terutama dari segi anggaran,” kata Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat, dalam sambutannya.

Emil memaparkan sembilan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) prioritas tahun 2020. Antara lain membebaskan biaya pendidikan untuk siswa SMA/SMK yang menjadi tanggung jawab Pemprov Jabar, desentralisasi layanan kesehatan dengan mengoptimalkan program layak rawat, kemudian meningkatkan pertumbuhan ekonomi umat berbasis pesantren, serta pengembangan destinasi dan infrastruktur pariwisata.

Sementara untuk penanganan DAS Citarum, Emil membeberkan bahwa dana bantuan sebesar 1,4 triliun rupiah telah dilimpahkan kepada Pemprov Jabar. Dana tersebut akan dialokasikan untuk penanganan sampah di wilayah Citarum.

“Selama urusannya untuk Citarum, kita alokasikan dana secara proporsional untuk edukasi, sisanya untuk daerah-daerah,” pungkasnya.

Komentar

Total Komentar