Fenomena Super Blue Blood Moon Bisa Dilihat di Seluruh Wilayah Indonesia

24

BANDUNG, infobdg.com – Fenomena alam yang sangat jarang terjadi akan berlangsung pada Rabu, 31 Januari 2018. Diberi nama Super Blue Blood Moon, kejadian alam ini bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia setelah matahari terbenam.

 

Kejadian alam yang berlangsung kali ini merupakan kombinasi dari tiga fenomena yang menjadi satu, super moon, blue moon, dan total lunar eclipse. Fenomena pertama yang dapat disaksikan yaitu super moon. Saat super moon ini berlangsung, ukuran bulan akan terlihat 14% lebih besar dan cahayanya lebih terang 30% dibandingkan biasanya. Hal itu karena posisi bulan pada jarak paling dekat dengan bumi.

Kemudian blue moon, fenomena bulan biru atau yang biasa disebut bulan purnama ini merupakan kejadian alam yang berlangsung kedua kalinya di Januari 2018 ini. Fenomena total lunar eclipse atau gerhana bulan total ini terjadi karena posisi bumi tepat diantara matahari dan bulan. Sinar dari matahari akan tertahan oleh bumi dan hanya beberapa persen saja yang mampu melewati atmosfer bumi. Cahaya matahari yang tersisa dan menyentuh bulan hanya warna orange dan merah, kejadian alam ini mengakibatkan blood moon atau bulan yang berwarna merah darah.

Semua fenomena ini diprediksi mulai terjadi pada pukul 18.48, dan berlangsung selama 5 jam 17 menit. Durasi gerhana total akan berlangsung selama 1 jam 16 menit dan 4 detik, dan puncaknya akan terjadi pada pukul 20.31. Fenomena alam gabungan ini pernah terjadi pada 152 tahun lalu, atau pada 31 Maret 1866, itu pun hanya dua fenomena alam dalam satu waktu saja. Berbeda pada 2018 ini yang mengkombinasikan 3 fenomena sekaligus.

Foto: Ilustrasi & BMKG

Komentar

Total Komentar