BANDUNG, infobdg.com – Festival Budaya dan Ekonomi sebagai wujud dari sister city program antara Malaysia dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia baru saja diselenggarakan di Kota Bandung, tepatnya di Hotel Aryaduta.

Acara yang berlangsung hingga hari ini, Minggu (6/10), menghadirkan 300 calon investor dari Malaysia dan Indonesia. Dalam festival ini, berbagai peluang investasi yang bisa dikerjasamakan dapat dijumpai seperti investasi perhotelan, pertanian, hingga perdagangan perdagangan antara negara.

Ketua Pengarah Malindo MBCC Asia, Profesor Dato’ Sri Dr. Alex Ong mengatakan, Festival Budaya dan Ekonomi (FESKON) tahun ini merupakan gelaran ke-16, sejak 2003. Pada masa tersebut, FESKON telah berhasil memanfaatkan lebih dari 30,000 pengusaha serta orang-orang kenamaan asal Indonesia dan Malaysia.

“Acara ini sungguh memberikan keuntungan bersama, karena bukan saja budaya yang diutamakan, namun ekonominya juga sekaligus ditingkatkan melalui hubungan yang baik ini,” pungkas Dato’ Sri Dr. Alex Ong, ditemui di sela-sela acara, Minggu (6/10).

Pihak dari Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam FESKON tahun ini antara lain Pemda Jawa Barat, Sumatera Barat, Pemkab Belitung, Belitung Timur, Kerinci, Garut, Pemkot Padang, Palembang, Pemkab Bandung, serta Pemkab Purwakata.

Sementara pihak yang terlibat dari Malaysia adalah Dewan Negara Parlimen Malaysia, Senator Datuk Seri Haji Abd Halim Abd Samad, dan beberapa Menteri Pariwisata dari Negeri Terengganu, Perlis, Sarawak dan Melaka.

Hubungan baik kedua negara ini, kata Dato’ Sri Dr. Alex Ong, terjalin karena keakraban antara kedua pemimpin negara yakni Perdana Menteri Malaysia dan Presiden Indonesia.

“Yang dijalin antara kami sebagai negara serumpun ini bisa membuka peluang investasi serta perdagangan di dua negara,” imbuh dia.

Dalam gelaran FASKON di Bandung, para tamu undangan dari kedua negara disuguhkan dengan pameran UMKM, pun dijadwalkan untuk berkunjung ke Pasar Baru, Jalan Riau (L.L.R.E Martadinata), dan beberapa titik wisata di Bandung. Sementara untuk tahun depan, FASKON rencananya akan digelar di negeri laskar pelangi, Kabupaten Belitung.

Komentar

Total Komentar