BANDUNG, infobdg.com – Masih dalam momentum peringatan hari jadi Kota Bandung ke-209, Gojek dan GoPay menggelar perayaan bertema ‘Cirque Du Bandung’ – Carnaval at Cibadak bersama para pedagang UMKM Kuliner Cibadak pada Minggu (6/10), di Jalan Cibadak, Kota Bandung.

Selain turut meramaikan ulang tahun Kota Bandung, perayaan ini sekaligus menandai satu tahun dukungan Gojek terhadap pelaku UMKM di Kota Bandung lewat kehadirannya di Festival Kuliner Cibadak yang pada saat itu memperkenalkan pembayaran non-tunai GoPay sebagai salah satu opsi transaksi.

“Bandung sangat dikenal dengan sentra kulinernya. Para pedagang kaki lima memiliki peran penting dalam hal tersebut. Banyak rekan usaha GoPay di Festival Kuliner Cibadak yang sejak bergabung dengan GoPay penjualannya meningkat hingga tiga kali lipat. Dengan menggunakan GoPay, baik pengunjung maupun pedagang dapat bertransaksi dengan semakin mudah,” ujar Muhammad Chairil, VP Regional Government Relations Gojek, dalam sambutannya.

Bahkan, Chairil melanjutkan, melihat antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat dalam satu tahun terakhir, tercatat transaksi non-tunai di Festival Kuliner Cibadak yang menggunakan GoPay tumbuh hampir 4.000 kali lipat.

Dalam acara tersebut, turut menghadirkan Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, sekaligus sebagai pembina UMKM Kota Bandung. Kang Yana, sapaan akrabnya, mengapresiasi langkah Gojek dan GoPay bagi kemajuan para pelaku UMKM di Kota Bandung.

“Para pelaku UMKM Bandung sangat berperan besar dalam kehidupan sehari-hari kita. Saya pun memahami betul bahwa hadirnya Gojek dan GoPay ini untuk memperkuat para pelaku sektor informal dan UMKM melalui inovasi teknologi. Kami siap mendukung inovasi Gojek dan GoPay terhadap pelaku UMKM, yang telah memberikan dampak nyata bagi perekonomian Kota Bandung melalui kontribusi ekonomi dari para mitranya,” ujar Yana.

Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) pada 2018, kontribusi mitra Gojek ke perekonomian Kota Bandung mencapai Rp 2,1 triliun, di mana mitra UMKM GoFood berkontribusi sebesar Rp 1,5 triliun. GoPay sendiri sudah dimanfaatkan oleh lebih dari 18.000 pedagang kecil Kota Bandung.

Dengan capaian tersebut, Yana berharap kolaborasi yang dijalin Pemkot Bandung dengan Gojek dan GoPay bisa terus memajukan perekonomian melalui UMKM Bandung.

“Kami berharap, setelah di Cibadak Culinary Night, kerjasama ini bisa terus berlangsung di sentra-sentra kuliner lainnya di Bandung,” tandasnya.

Area Cibadak memang dikenal sebagai salah satu pusat kuliner kaki lima di Kota Bandung sejak 2016. Oleh karena itu, dengan hadirnya GoPay selama satu tahun ini diharapkan mampu menciptakan lebih banyak pedagang mikro yang bisa mengembangkan usahanya melalui perkembangan teknologi.

Komentar

Total Komentar