Hari Rabu Wajib Berbahasa Sunda

By on May 20, 2012 | views: 461
basa-sunda-salamina

BANDUNG – Peraturan Daerah (Perda) Penggunaan,Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Sunda memasuki ranah uji publik oleh sejumlah lapisan masyarakat, akademisi, tokoh, hingga artis Sunda.

read more from seputar-indonesia.com

Pengesahannya pada akhir Mei akan membuat sejumlah instansi wajib menggunakan bahasa Sunda setiap Rabu. “Setelah perda disahkan,semua instansi diwajibkan memakai bahasa Sunda terutama pelajar SD dan SMP karena terdapat mata pelajaran bahasa Sunda,” ujar Ketua Pansus III DPRD Kota Bandung Ahmad Nugraha, kemarin. Dia menjelaskan,beberapa instansi yang diwajibkan berbahasa Sunda tiap Rabu di antaranya sekolah, birokrasi pemerintahan, perusahaan,hingga media massa.“Media juga harus patuh dengan menyelipkan setidaknya satu kolom berbahasa Sunda,”katanya.

Perda ini dibuat bukan sebagai tekanan mewajibkan yang sudah lumrah,melainkan salah satu upaya Pemkot Bandung melestarikan bahasa Sunda. “Sesuai amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) untuk menumbuhkembangkan kembali bahasa tradisional, ”ucapnya. Meski berbentuk perda, regulasi ini tidak menerapkan sanksi hukum bagi pelanggar perda,melainkan hanya sanksi sosial berupa penyadaran.

Menurut dia,salah satu dasar penggagasan perda ini adalah keprihatinan atas kelestarian bahasa, sastra, dan aksara Sunda yang mulai terkikis zaman. Terkait penerapan perda ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung segera memberlakukannya di tingkat SMA/SMK. “Selama ini mata pelajaran bahasa Sunda hanya berjalan di SD dan SMP,” ujar Kepala Disdik Kota Bandung Oji Mahroji.

Selama ini,tenaga pengajar dan sekolah yang menerapkan bahasa Sunda sebagai mata pelajaran sangat minim untuk membudayakan bahasa Sunda. “Maka itu,kami berkerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung untuk membantu tenaga pendidik khusus bahasa Sunda,” kata Oji.

Kerja sama itu berbentuk pelatihan guru yang berkeinginan mengajar bahasa Sunda. Dia berharap adanya pelatihan terhadap guru-guru yang jam mengajarnya kurang dari 24 jam dapat terpenuhi dan mendapatkan lisensi mengajar. gita pratiwi

sumber: seputar-indonesia.com

cipzie

Part-time Photographer, Half-Soul in Graphic Design, Digital Media Enthusiast, Social Media Speaker.

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM