“HUT ke-50 Pikiran Rakyat” Photo Exhibition by Dudi Sugandi

0
196

BANDUNG, infobdg.com – Bandung yang hampir berumur 206 tahun, memiliki banyak perubahan dari jaman kepemimpinan E.A. Maurenbrecher hingga saat ini Ridwan Kamil. Banyak sekali perubahan terhadap Kota Kembang ini. Sebagai fotografer, Dudi Sugandi membuat rangkuman Bandung yang indah melalui Bandung Corner. Bandung Corner adalah pandangan Dudi Sugandi lewat kacamata sebagai fotografer yang sehari-hari bermain dan menikmati kota yang saat ini terus berubah. Pembangunan infrastruktur kota di era kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil, menjadi salah satu pendorong munculnya sudut-sudut kota baru yang enak dipandang.

Perubahan ini tidak hanya di jantung kota seperti di Alun-alun, namun di beberapa wilayah lain pun mulai terlihat sentuhan yang lebih menarik. Mulai dari taman kota bertema, nama-nama tempat yang mengalami renovasi dan makin indah, bangunan berdesain unik, dan lainnya. Keindahan yang tercipta melalui sentuhan arsitek kota  Ridwan Kamil ini pun memunculkan budaya selfie atau berwisata foto yang ramai di media sosial. Bandung saat ini seolah menjadi surga bagi warga dan wisatawan yang suka berfoto-foto.

Melalui pameran Bandung Corner, Dudi Sugandi menghadirkan sudut lain dari Bandung atau Bandung Corner dari balik lensa kamera yang biasa dibawa sehari-hari. Ada yang menggunakan DSLR Canon 6D dengan lensa 12-24mm, prosumer Powershot G5X, bahkan smartphone untuk momen dan kondisi yang tak terduga. Dari 50 foto, Dudi Sugandi mencoba menampilkan beragam objek Bandung Corner, mulai dari lansekap hingga profil warga dan komunitas.

Dudi Sugandi berupaya setiap hari untuk memotret benda atau objek yang disuka, yang tidak terbatas benda mati saja namun juga human interest yang menjadi nyawa Kota Bandung yang ramah huni. Selain itu Dudi ingin melihat lanskap sudut-sudut Kota Bandung dalam berbagai kondisi, baik siang maupun malam hari.

Tepat 24 Maret 2016, Pikiran Rakyat berusia 50 tahun. Usia yang cukup matang untuk penerbitan terbesar di Jawa Barat. Dudi Sugandi mencoba untuk memberikan sumbangan ide atau gagasan visual dalam rangka ulang tahun Pikiran Rakyat ini dengan memajang 50 foto tentang sudut Kota Bandung yang sehari-hari di dokumentasikan dan akan ditampilkan selama sepekan di Hotel Novotel Bandung, 13-20 Maret 2016.

Bandung Corner diharapkan bisa memunculkan inspirasi dan membuat semua orang semakin mencintai Bandung. Lewat Bandung Corner, Wargi Bandung akan melihat Bandung dari berbagai sudut seorang sang fotografer handal, Dudi Sugandi.

Komentar

Total Komentar