MUSIK, infobdg.com – Penyanyi sekaligus penulis lagu Oscar Lolang merilis lagu terbaru berjudul “I Breathe Fire” yang termasuk ke dalam Album Kompilasi Summer Festival 2.0: “Senandung Energi Bumi” persembahan Greenpeace Indonesia.

Kompilasi ini diluncurkan bersamaan digelarnya Summer Festival 2.0 di Celukan Bawang, Bali, dengan tujuan besar meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu bumi dan lingkungan. “Lagu ini dibuat untuk merespon isu polusi udara yang diakibatkan oleh aktivitas PLTU,” tutur Oscar Lolang.

“Sejak kemunculan film dokumenter Sexy Killer, isu batu bara ini mendapat perhatian lebih besar. Setidaknya kita lebih paham bagaimana masyarakat yang tinggal dekat lokasi penambangan, yang saya simbolkan sebagai “Coal Castles” di lagu ini, lebih mudah terkena penyakit kanker. “I Breathe Fire” bisa diinterpretasikan sebagai teriakan masyarakat untuk mendapat kehidupan yang lebih baik.” Lanjutnya.

Oscar juga berupaya menghadirkan nuansa mencekam sekaligus menenangkan dengan dukungan aransemen dari Estu Hning (Violin), Ditra Prasista (Synth, Keys dan Piano), serta Mary Jane (Vokal Latar). Kolaborasi keempatnya, mengemas potongan lirik seperti “I face my sickness and I breathe fire, My house is my fortress and I breathe fire, Fight for the better, the future’s in my prayer” menjadi lebih bermakna.

Selain Oscar Lolang, Album Kompilasi Summer Festival 2.0: “Senandung Energi Bumi” menampilkan 12 musisi independen lokal lainnya seperti Vira Talisa, Iksan Skuter, Zat Kimia, Navicula, hingga Syarikat Idola Remaja. Ketiga belas lagu di dalamnya sudah dapat didengarkan di berbagai layanan streaming.

Komentar

Total Komentar