BANDUNG, infobdg.com – Memasuki musim hujan, angin kencang kerap dirasakan terjadi di beberapa daerah di Bandung Raya.

Peristiwa angin kencang ini telah terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada akhir Oktober lalu. Dilaporkan pula angin kencang sempat melanda kawasan Arcamanik, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Informasi tersebut pun dibenarkan oleh Staff Data dan Informasi BMKG Bandung, Yan Firdaus Permadhi.

Ilustrasi

Ditemui di Gedung Sate pada Rabu (20/11), Yan mengatakan bahwa angin kencang yang terjadi pada musim hujan ini diakibatkan oleh pertumbuhan awan kumulonimbus.

“Angin yang terjadi pada musim hujan ini berasal dari pertumbuhan awan kumulonimbus yang cukup tebal. Awan itu membawa banyak uap air yang membuat sebelum terjadi hujan, awan akan menghasilkan angin seruak yang tiba-tiba keluar dari atas ke bawah,” papar Yan.

Yan mengatakan, potensi pertumbuhan awan kumulonimbus saat ini semakin banyak. Apabila demikian, maka semakin tinggi pula potensi terjadinya angin kencang di beberapa daerah, khususnya di Bandung Raya.

Untuk itu, Yan mengimbau kepada Wargi Bandung yang merasakan adanya angin kencang untuk segera menepi dan berlindung ke tempat kokoh. “Kalau ada angin kencang terjadi di jalan, segeralah menepi,” tegasnya.

Komentar

Total Komentar