Jalur Alternatif Mudik Jawa Barat 2017

0
3762

BANDUNG, infobdg.com – Mudik memang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Pulang ke kampung halaman seakan wajib ketika Lebaran tiba. Permasalahan mudik tahun ke tahun masih tetap sama, yaitu kemacetan. Untuk itu tim Infobdg sudah menyiapkan jalur mudik alternatif yang bisa dilalui Wargi Bandung.

Tujuan Garut via Cijapati

Jalur Cijapati ini adalah jalur alternatif tujuan Kota Garut. Jalur ini tidak mengarah ke Jawa Tengah. Selama arus mudik Lebaran, bus dilarang masuk ke Cijapati dikarenakan jalurnya yang sempit. Para pengendara yang hendak mengambil jalur ini pada malam hari diharapkan berhati-hari karena minim penerangan jalan.

Bandung – Jl. Gedebage – Jl. Raya Sapan –  Jl, Raya Majalaya – Cicalengka –  Jl. Raya Cijapati – Kadungora (Garut)

Tujuan Garut via Ibun (Majalaya – Ibun – Kamojang)

Jalan raya Ibun sudah jadi jalur alternatif sejak tahun 2016. Jalur ini kemungkinan akan menjadi pilihan pemudik jika jalur selatan via Nagreg macet. Jalur ini masih jarang dilalui kendaraan, dan kondisi jalan yang memadai untuk dilalui mudik.

Bandung – Jl. Gedebage – Jl. Raya Sapan –  Jl. Raya Babakan – Jl. Oma Anggawisastra – Jl. Patrol – Jl. Raya Paseh-Kamojang – Jl. Raya Kamojang

Tujuan Tasikmalaya

Wargi Bandung yang mudik tujuan Tasikmalaya via Nagreg bisa menggunakan jalur alternatif, pada saat di cagak Nagreg bisa mengambil kanan masuk jalur Kadungora, sampai Leles dan akan bertemu dengan Pos Pam Leles. Kemudian belok kiri masuk Jalur Sarkanjut (SKJ) sampai kantor Polsek Leuwigoong, Wargi Bandung bisa belok kiri dan masuk ke jalur Banyuresmi setelah itu masuk bunderan STM lalu belok kiri jalan Jend. Sudirman Sukadana, belok kiri masuk Jalur Cilawu – Salawu dan masuk Singaparna Tasikmalaya.

Tujuan Subang

Untuk menghindari macet di jalan Setiabudi yang menuju Lembang, Wargi Bandung bisa menggunakan jalur Sersan Bajuri kemudian Kolonel Matsuri, bisa melalui Cimahi atau juga Terminal Ledeng. Jalur lain menuju Lembang bisa menggunakan jalur Punclut masuk lewat Ciumbuleuit. Jalur Dago juga bisa Wargi Bandung gunakan untuk tujuan Lembang.

Tujuan Jawa Tengah via Simpang Jomin (Kendaraan Bermotor)

Wargi Bandung yang mudik menggunakan sepeda motor tujuan Jawa Tengah via Simpang Jomin bisa mengikuti jalur yang sudah disiapkan. Selepas By Pass Karawang lurus terus. Selanjutnya, di km 75 sekitar Johar, pemudik dapat berbelok ke kiri dan akan menemukan rambu serta petugas dari pihak kepolisian yang memandu dan mengarahkan. Pengendara motor dengan itu dapat menghindari Simpang Jomin.

Tujuan Cianjur

Wargi Bandung yang bertujuan Cianjur bisa menggunakan jalur Ciwidey dan kemudian akan keluar di Cianjur Selatan.

Bandung – Jl. Raya Kopo Sayati – Jl. Raya Soreang-Ciwidey – Jl Pasir Pogor – Jl. Cagak Lb. Muncang –  Jl. Ciwidey-Cibeber – Jl. Lebak Muncang – Jl. Raya Gn. Halu – Campaka Mulya – Sukanegara

Tujuan Jawa Tengah via Jalur Utara

Saat Wargi Bandung menggunakan Tol Cipali supaya tidak terjebak di Gerbang Tol Palimanan, Wargi Bandung bisa keluar Gerbang Tol Kertajati kemudian di perempatan Kadipaten bisa lurus via Majalengka atau arah kiri Jln Raya Bandung via Cirebon.

Jakarta Menuju Bandung

Ada beberapa jalur yang bisa dilalui Wargi Bandung jika bertujuan ke Bandung dari Jakarta, selain tol Cipularang dan jalur puncak, yaitu:

Tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Bandung
Tol Jagorawi – Cibubur – Jonggol – Cianjur – Bandung
Bogor – Sukabumi – Cianjur – Bandung

Untuk Wargi Bandung yang hendak mudik jaga kesehatan, perhatikan kondisi kendaraan, dan persiapkan jalur yang akan dipakai agar selamat sampai tujuan. Hati-hati pulang kampungnya Wargi Bandung, selamat berkumpul dengan keluarga.

Foto : Republika

Komentar

Total Komentar