Jusuf Kalla Berharap Monorel di Kota Bandung Dibangun 2013

By on October 8, 2012 | views: 289

INILAH.COM, Bandung – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap pembangunan monorel di Kota Bandung bisa dimulai pada 2013. Saat ini pembangunan belum bisa dimulai lantaran masih dalam tahap studi teknik dan administrasi.

“Masih direncanakan studi proposal atau tekniknya. Karenakan teknologinya harus disesuaikan dengan kondisi di Kota Bandung,” kata JK usai menghadiri Silaturahim dan Sosialisasi Penetapan Mukhtamar ke-6 DMI di Masjid Al Ukhuwah Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Minggu (7/10/2012).

Tak hanya itu, hingga kini JK masih melakukan pembicaraan terkait kerja sama dirinya (swasta) dengan Pemkot Bandung ke pemeritah pusat. Pembicaraan itu dilakukan mengenai sistem kerja sama yang akan dilakukan pihaknya dengan Pemkot Bandung.

Menurutnya, sebelum kerja sama pembangunan monorel dilakukan, semuanya perlu perhitungan yang sangat matang dengan mematuhi prosedur yang ada. Apalagi pemerintah punya aturan bagi pihak swasta yang akan bangun fasilitas kota.

Menurutnya, pembangunan monorel ini sangat cocok di Kota Bandung yang sering disergap kemacetan pada akhir pekan. Dan dengan monorel ini merupakan solusi pencair kemacetan yang kerap terjadi saat musim libur tiba.

“Makanya tak bisa langsung membangun harus lewat dulu beberapa tahapan. Habis proposal studi selesai, baru tahap selanjutnya. Mudah-mudahan tahun depan proposalnya rampung,” ujar JK yang menyebutkan pembangunan minimal dilakukan selama tiga tahun.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan pembangunan monorel ternyata tidak seperti yang diperkirakan, sekarang dibicarakan besok dibangun. Namun ada tahapan dan prosedur yang harus ditempuh. Salah satunya tahapan adminitratif yang cukup lama.

“Di Jakarta harus diurus dulu masalah administratifnya dan ternyata nggak mudah,” katanya.

Seperti halnya pembangunan kereta gantung, pengembang harus mengikuti aturan yang ada sehingga saat ini baru dalam tahap soft launching. Sementara mass rapid transit (MRT) yang digagas Panghegar Grup telah dilakukan kerja sama dengan pemerintah Cina dan tinggal melakukan kerja sama dengan Pemkot Bandung.

“Monorel tinggal urusan administrasi di pemrintahan pusat. Administrasi ini prosedur yang harus dilalui dan bukan memperlambat pembangunan,” ungkapnya. Disinggung ingin lebih dulu mana? “Kalau saya kalau bisa dua-duanya cepat dilaksanakan,” tutupnya.[jul]

Sumber: inilahjabar.com

Share & CareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter5Pin on Pinterest0Share on Google+0Share on TumblrEmail this to someone

Glenn Sabath

For Event Media Partner & Advertising: contact@infobdg.com

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM