Kampung Ketupat: Sentra Pengrajin Ketupat di Kota Bandung

0
353

BANDUNG, infobdg.com – Pasti bagi sebagian Wargi Bandung belum ada yang tahu bahwa di Kota Bandung terdapat satu daerah atau lebih tepatnya satu blok kecil yang dimana semua warganya bekerja sebagai pembuat ketupat. Beberapa warga ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan tetap, ada juga yang sebagai pekerjaan sambilan. Hampir semua masyarakatnya baik tua maupun muda, lelaki maupun perempuan membuat ketupat. Lokasi yang disebut Kampung Ketupat itu berada di Kelurahan Babakan Ciparay, di belakang Pasar Caringin.

Sebagai suatu daerah yang memiliki ciri khas yang unik  maka dipandang perlu adanya suatu sosialisasi atau promosi bagi masyarakat yang belum mengenal Blok Ketupat di wilayah Kota dengan cara mengadakan Festival Ketupat yang di selenggarakan atas pasrtisipasi Masyarakat setempat beberapa tahun yang lalu yang dihadiri oleh Mantan Wakil Walikota Ayi Vivananda, dengan harapan selain untuk menjaga tradisi juga mengenalkan tradisi tersebut kepada generasi yang muda dan belum mengenalnya.

Kawasan Kampung Ketupat merupakan salah satu sentra penghasil ketupat yang dikirim ke berbagai pasar tradisional di Kota Bandung. Tidak semua masyarakat pintar membuat ketupat, karena beberapa teknik dan tentunya harus tekun dan teliti agar simpul ketupat tidak salah. Ketupat dijual per ikat dengan harga beragam, antara Rp. 5.000/10 ketupat atau Rp. 25.000/100 ketupat. Saat Bulan Ramadhan seperti ini, khususnya menjelang Idul Fitri omzet penjualan kupat di Kampung Ketupat bisa mencapai hingga 50 – 70%.

Buat Wargi Bandung yang ingin berbelanja ketupat di Kampung Ketupat bisa loh sambil belajar membuat ketupat bersama warga di Kampung Ketupat J

 

 

Komentar

Total Komentar