Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok: Destinasi Wisata Seni Sunda di Tengah Kota

2
3297

BANDUNG, infobdg.com – Bandung ga cuma ada wisata belanja dan wisata kuliner aja loh, di beberapa sudut Kota Bandung juga terdapat wisata edukasi dan kesenian Kota Bandung yang belum dikenal luas di kalangan masyarakat baik di dalam maupun luar Kota Bandung.

Saung Udjo contohnya, Wisata edukasi dan kesenian yang satu ini sudah ada sejak lama dan terletak di sudut timur Kota Bandung, tepatnya di Jl. Padasuka, selain itu ada wisata edukasi ulat sutera yang terletak di Arcamanik. Jl. Ir. H. Juanda atau yang biasa disebut Dago sudah pasti terkenal dengan wisata belanja dan kulinernya, padahal ada juga loh wisata kesenian di daerah Dago Pojok, namanya “Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok”

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok yang terletak di Jl. Dago Pojok Kelurahan Dago Kecamatan Coblong Kota Bandung ini digagas oleh Rahmat Jabaril, salah satu warga setempat yang peduli akan lingkungan tempat tinggalnya. Dengan bantuan Pemkot Bandung dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, akhirnya Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok dapat dikenal secara perlahan dan menjadi salah satu destinasi wisata kesenian bagi para wisatawan.

Beberapa wisatawan dari dalam dan luar negeri sangat tertarik dengan program – program yang diadakan oleh Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok, bahkan terkadang mereka datang berkunjung untuk mengikuti workshop, ikut berpartisipasi melukis mural dan melihat pertunjukkan seni seperti Tari Jaipong, kesenia Calung, melihat proses pembuatan wayang, pembuatan alat music bambu, pembuatan kertas tradisional dari pohon Saeh, atraksi pencak silat, melihat permainan anak kecil jaman dahulu, serta keterampilan lainnya.

Apabila kita terus berjalan mengikuti gang besar, kita akan sampai di sebuah sungai, yang tak lain adalah Sungai Cikapundung. Sepanjang perjalanan ke situ, kita pun akan disuguhi pemandangan lukisan-lukisan dinding (mural) dan juga dinding rumah yang berwarna-warni. Namun di sebelah kirinya, kita bisa melihat hamparan sawah yang cukup luas dan juga pemandangan hijau yang indah. Di dekat sungai itu, kita bisa berkunjung ke sebuah air terjun yang cukup terkenal yakni Curug Dago.

 

Informasi lebih lanjut:
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat
Jl. RE Martadinata No. 209, Bandung, Jawa Barat
Telp.: +62 22 7273209
Website: http://disparbud.jabarprov.go.id

 

SUMBER: gpswisataindonesia.blogspot.com

 

 

Komentar

Total Komentar