BANDUNG, infobdg.com – Kebakaran lahan melanda salah satu kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, pada Senin (7/10) pukul 14.00. Kebakaran ini mengakibatkan beberapa hektar tanaman dan pohon (Pohon Cantigi, pakis andam alang-alang) hangus.

Foto: BPBD Jabar

Berdasarkan data BPBD Provinsi Jawa Barat, si jago merah telah melalap ±15 Ha lahan di kawasan Kawah Putih. Menanggapi hal ini, pihak BPBD Jabar hingga Kab. Bandung telah melakukan assesment ke lokasi kejadian. Sebagai penanganan awal, telah dilakukan penyiraman oleh damkar agar api tidak meluas, sementara BPBD telah membuat parit di sekitar lahan.

Kebakaran lahan ini pun membuat pihak-pihak berwenang seperti Kapolres Bandung, Dandim 0609, BPBD Kab. Bandung, BPBD Prov Jabar, Perhutani, Damkar, Pengelola Wisata Kawah Putih, hingga masyarakat sekitar sebagai relawan penggiat kebencanaan untuk melakukan rapat koordinasi terkait penanganan selanjutnya.

Foto: BPBD Jabar

Hingga Selasa (8/10), pukul 03.00 dini hari, api masih menyala dengan taksiran luas lahan yang terbakar mencapai kurang lebih ± 15 Ha. Kebakaran melalap vegetasi hutan di sekitar kawah seperti pohon cantigi dan pakis andam alang-alang (rumput/serasah kering).

Komentar

Total Komentar