BANDUNG, infobdg.com – Kebakaran dilaporkan telah terjadi di Wilayah Blok Gua Walet, Puncak Taman Nasional Gunung Ciremai, Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, pada Rabu (7/8) siang sekitar pukul 13.00.

Foto: BPBD Jabar

Kebakaran ini menghanguskan kurang lebih 308 hektar, di puncak Gunung Ciremai. Perkembangan hingga saat ini, BPBD Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, TNGC, dan BNPB sedang melakukan pemantauan di Jalur Palutungan, sementara jalur pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai ditutup selama proses evakuasi masih berlangsung.

Ada 4 jalur pendakian yang ditutup, yaitu jalur Apuy di Majalengka, jalur Palutungan, jalur Linggajati, dan jalur Linggasana di Kuningan. Dimana sebanyak 33 Orang pendaki jalur Apuy telah berhasil di evakuasi pada Kamis (8/8) dini hari, pukul 01.25. Sementara sebanyak 23 orang pendaki di jalur Palutungan masih dalam proses evakuasi.

Foto: BPBD Jabar

Kondisi saat ini di lokasi kebakaran, Kamis (8/8), api masih menyala dan menyebar ke arah utara. Jalur pemadaman akan dilaksanakan di 4 jalur, yakni jalur Apuy (Pos Utama), jalur Sadarehe, jalur Cikaracak, dan jalur Bantaragung.

Sebanyak 84 orang personil dari tim gabungan dilibatkan untuk upaya pemadaman dan pengiriman logistik. Sementara pemantauan dari Pos Palutungan masih terus dilaksanakan oleh MPGC Palutungan.

Komentar

Total Komentar