Kerjasama Unpad dan BRI Bantu Kembangkan UMKM Melalui Mahasiswa

31

BANDUNG, infobdg.com – Mahasiswa merupakan generasi yang dapat mendorong bangsa agar memiliki daya saing tinggi. Salah satu aspek penting untuk memiliki kapasitas tersebut adalah leadership. Tentunya, ini harus dibekali dengan keilmuan dan ketrampilan yang handal, juga dibuktikan dengan akomodasi yang baik. Hal tersebut merupakan alasan terjalinnya kolaborasi antara Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (Unpad) dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Demi mendukung mahasiswa sebagai agent of change, Unpad bersama BRI menggelar kuliah umum bertajuk “Leader Talks: Akselerasi UMKM Melalui Digital Banking BRI”, yang diselenggarakan pada Selasa (12/12) pagi, di Graha Sanusi Unpad, Dipatiukur, Bandung. Acara yang juga merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun BRI ke-123 ini dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., Dekan-Dekan dan Dosen-Dosen Unpad, Direktur BRI, Osbal Saragi Rumahorbo, Kepala Cabang BRI se-Jawa Barat, serta mahasiswa Unpad.

Usaha Kecil, Mikro, Menengah (UMKM) dewasa ini berkembang dengan pesat. Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., mengatakan, mahasiswa memiliki peran penting dalam pengembangan UMKM. Menurutnya, mahasiswa bukan sembarang agen, mahasiswa memiliki kapasitas lebih untuk turut andil dalam mengembangkan UMKM, terutama di daerah-daerah.

“Mahasiswa ini bukan sembarang agen, kapasitasnya pasti punya kelebihan. Nilainya bertambah, ini tantangannya,” ujar Prof. Tri Hanggono, dalam sambutannya di acara Leader Talks: Akselerasi UMKM Melalui Digital Banking BRI.

Prof. Tri Hanggono menambahkan, UMKM saat ini bisa diarahkan untuk memperkuat sebuah desa. Desa dipandang sebagai salah satu potensi bangsa Indonesia yang sebenarnya. Di sinilah peran mahasiswa. Dengan kolaborasi yang dibangun bersama BRI, mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan UMKM nya untuk mengangkat nama sebuah desa.

“Unpad punya program profesor masuk desa, terus diperkuat lagi, siapa? Para mahasiswa yg hadir di desa, saya akan padukan,” jelas Prof. Tri Hanggono.

Sampai saat ini, sudah banyak agen UMKM yang dibina langsung oleh BRI. Melalui kerjasama antara Unpad dan BRI dalam hal pengembangan UMKM, Prof. Tri Hanggono berharap, agen-agen UMKM yang dimiliki dan dikelola akan bertambah dan berkembang bersama.

Komentar

Total Komentar