Kerugian Negara Korupsi Bansos Kota Bandung versi BPKP Rp 9,8 M

By on March 2, 2012 | views: 110

Perhitungan kerugian negara untuk kasus dugaan korupsi dana bansos Pemkot Bandung oleh BPKP akhirnya selesai juga. Jumlah kerugian akibat penyalahgunaan dana bansos tahun anggaran 2009-2010 mencapai Rp 9,8 miliar.

“Kami sudah terima hasil perhitungan dari BPKP yang diserahkan langsung oleh kepala BPKP,” ujar Asisten Pidana Khusus (As Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar Fadil Zumhanna saat ditemui di kantor Kejati Jabar, Jalan LRE Martadinata, Jumat (2/3/2012).

Dari hasil perhitungan BPKP, jumlah kerugian negara akibat penyalahgunaan dana bansos mencapai, Rp 9,8 miliar yang terdiri dari Rp 476 juta untuk tahun 2009 dan 2010 sekitar Rp 9,4 miliar.

Jumlah tersebut sangat jauh berbeda dengan prediksi perhitungan penyidik yang jumlahnya mencapai Rp 80 miliar.

“Ya, jauh memang dari hitungan kami,” katanya.

Hasil perhitungan dari BPKP tersebut dikatakan Fadil hanya akan menjadi dasar dakwaan melainkan hanya sebagai tambahan saja. Ia mencontohkan, perkara PT Elnusa tetap bisa dinyatakan bersalah bahkan tanpa perhitungan BPKP.

“Hasil BPKP bukan untuk pembuktian. Keterangan ahli hanya untuk tambahan. Memperkuat saja. Tidak berpengaruh. Kalau kita sih dari penyidikan dapatnya Rp 80 miliar. Dari penuturan saksi-saksi, dokumen transaksi dan lainnya,” tutur Fadil.

Penyidik pun segera menyelesaikan berkas dakwaan agar bisa segera dilimpahkan ke pengadilan dan kasus ini bisa segera disidang.
(tya/ern)

sumber: detik.com

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM