BANDUNG, infobdg.com – Menghadapi arus mudik Lebaran 2019/1440 H, Terminal Cicaheum kota Bandung siapkan 232 unit armada, termasuk di dalamnya armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan armada Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Sebanyak 8.323 penumpang bisa diangkut setiap harinya.

Berdasarkan penuturan dari Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto, trayek yang dilayani Terminal Cicaheum berjumlah 67, di mana 15 diantaranya trayek AKDP dan 52 lainnya trayek AKAP.

“Trayek yang dilayani AKDP ada 15 trayek, AKAP 52 trayek, jadi jumlah trayek di Cicaheum ada 67,” pungkas Roni, saat ditemui Infobdg pada Jumat (10/5) pagi.

Sejauh ini, pihak Terminal Cicaheum tengah mempersiapkan segala macam kebutuhan jelang arus mudik Lebaran yang tinggal beberapa hari lagi. Dari sisi keselamatan, Roni mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan layak jalan atau ramp check ke tiap-tiap armada dan pengemudinya sebelum dan sesudah perjalanan.

“Terutama itu untuk layak jalan, kita periksa dulu di sini, untuk ramp check kita adakan setiap waktu setiap saat dalam h-7 sampai h+7. Adapun untuk rencana juga nanti tanggal 15-16 Mei akan diadakan ramp check terhadap armada serta pengemudi dengan Dinas Provinsi dan Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Dari sisi kesiapan Terminal, Roni mengaku mendapatkan penambahan personil dari Dishub Kota Bandung, Jasa Raharja, hingga TNI/Polri, mengingat penumpang arus mudik tahun ini diperkirakan akan naik 5% dari tahun lalu.

“Estimasi saya 2019 ini naik lagi sekitar 5 persen dari 2018. jadi 2018 itu jumlah penumpang keberangkatan itu 46.852, jadi perkiraan saya naik dari jumlah tersebut,” papar Roni.

Sisi fasilitas pun menjadi fokus dari pihak Terminal Cicaheum. Roni mengatakan, selain memperbaiki toilet dan mushola, Terminal Cicaheum juga menambahkan ruang tunggu untuk mengantisipasi para penumpang yang membludak, pos pelayanan keamanan, pos pelayanan kesehatan, serta ruangan untuk ibu menyusui.

Selanjutnya, Roni menegaskan bahwa di Terminal Cicaheum sudah tidak ada calo. Pembelian tiket dilakukan secara langsung dan online.

Komentar

Total Komentar