Wow, Komunitas Sepeda di Bandung Ternyata Banyak!

1
4216

BANDUNG, infobdg.com – Semakin hari semakin banyak ditemui anak pelajar, mahasiswa hingga pegawai menggunakan sepeda menuju tempat beraktivitas di Bandung. Seakan efek bersepeda yang dikampanyekan Pemkot perlahan menuai hasil yang positif.

Apakah kamu salah satu yang sudah mulai bersepeda? Nah, tentu saja jika ngegowes sendirian akan terasa bosan, tapi jika bareng-bareng pasti akan sangat menyenangkan. Nah, berikut adalah komunitas-komunitas sepeda yang ada di Kota Bandung.

1.       Jarambah

herman-rambo-jarambahKomunitas sepeda santai yang terbentuk secara natural oleh para lansia yang berdiri sejak 2006 di taman tegallega Bandung. Tapi ternyata isinya gak Cuma lansia lho, berbagai latar belakang usia ada di komunitas ini, namun memang mayoritas para pensiunan yang berumur di atas 50 tahun. Arti Jelambah sendiri dari bahasa Sunda yang mengisyaratkan jika Petualang.

Bersepeda dua kali dalam satu minggu, hari Rabu menempuh jarak pendek sedangkan Sabtu menempuh jarak jauh mencapat sekitar 50 kilimeter. Keren ya!

 

2.       KOSKAS

koskas

Komunitas Sepeda Kaskus Bandung yang disingkat KOSKAS Bandung, terbentuk dari member berdomisili di Bandung  dan aktif di Kaskus. Terbentuknya dari gathering pada 10 Juli 2013, sekarang membernya semakin bertambah dan aktif. Kegiatan gowes rutin setiap minggu pertama dari tiap bulannya, acara gowes ini disebut GoJib atau Gowes Wajib yang dihadiri oleh semua anggota KOSKAS. Mayoritas anggota komunita ini menggunakan mountain bike (sepeda gunung). Lebih detil tentang komunitas ini dapat dilihat di forum Kaskus

3.       Sel-B

sel-b

Komunitas Sepeda Lipat atau sering di singkat SELI. Berdiri sejak 28 Maret 2013 di taman cikapayang dago mempunyai motto unik “Hanya Ulin yang menyatukan kita”. Komunitas ini ternyata aktif dalam bersepeda, Kegiatan rutin Sel-B antara lain:

  1. “Night Ride” setiap hari Jumat malam, berkumpul di Gedung Merdeka pada jam 19.00 WIB.
  2. “Sport Ride” setiap Sabtu pagi di Taman Cikapayang Dago jam 6.00 WIB.
  3. “Culinary Ride” setiap Minggu pagi di CFD Merdeka depan BIP jam 7.00 WIB
  4. “Gowes Subuh” setiap Selasa dan Jumat jam 5.30 kumpul di Taman Cikapayang

Untuk bergabung dapat daftar ke milis sepeda_lipat_bandung-subscribe@yahoogroups.com atau ke Facebook: Sepeda Kuliner bandung dan twitter @Sel_B, serta blog Sel-B 

 

4.       Bike to Campus Bandung

b2c

Bike to Campus sebenarnya adalah sebuah gerakan atau komunitas yang terorganisir bari para mahasiswa yang menggunakan sepeda sebagai kendaraan utamanya ke kampus. Berada dalam struktur Bike to Work yang sudah resmi secara hukum bermarkas di Jakarta. Hingga saat ini B2C mempunyai cabang diberbagai kota di Indonesia.

Komunitas ini resmi berdiri pada Juli 2013, bertujuan untuk turut mensosialisasikan semangat bersepeda dan peduli lingkungan serta kesehatan bagi warga Bandung. Visinya memasyarakatkan bersepeda dan menyepedakan masyarakat khususnya mahasiswa.

5. Bike to School Bandung

b2s

“Kalau bisa make sepeda ke sekolah, kenapa engga?..” adalah sepenggal kata yang tercantum pada bio akun twitter @B2S_Bandung. Komunitas yang mengajak anak-anak muda bandung menjadikan kota ini sehat dan bersih melalui gowes ke sekolah.

 

 

 

6.       Sepeda Kampus Bandung

“Komunitas Sepeda Kampus Bandung.  Pulang-pergi kampus bermodalkan gowes2.

Segala macam jenis sepeda boleh gabung. Saatnya sepeda merajai jalanan Bandung!” Belum banyak diketahui, komunitas ini hadir dari Sosial Media Twitter, untuk lebih jelas bisa langsung ke akun mereka @SepedaKampusBDG

7.       BDGBMX

Komunitas Sepeda BMX yang sudah banyak meraih prestasi dan membanggakan untuk Kota Bandung. Berdiri pada 30 Januari 2010. Berlatih setiap hari jam 16.00-18.00 di Lapangan Saparua. Anggotanya terdiri dari pelajar, mahasiswa dan wiraswasta. Untuk lebih detil dapat dibaca pada artikel khusus BDGBMX 

 

 

8.       Fixed Gear Bandung

Komunitas yang rajin berkumpul di jalan ternate 10 Kota Bandung dengan sepeda khas warna warni Fixed Gear atau sepeda Fixie.

9.       Paguyuban Sapedah Baheula Bandung (PSBB)

psbbKomunitas sepeda pencinta Onthel yang didirikan tahun 2004, kegiatan rutin dulunya berkumpul setiap hari Minggu didepan Museum Geologi Bandung, namun saat ini pindah ke area Car Free Dago Jalan Merdeka. Sekretariat  PSBB berlokasi di Jl. A. Yani 286 Bandung.

Komunitas ini terbilang sangat unik, karena biasanya menggunakan kostum-kostum jadul era kolonial belanda.

 

10.   Paguyuban Sapedah Onthel Bandung (Pasoban)

Sepeda sama tapi komunitas berbeda, itulah Bandung dengan segala kreatifitasnya. Komunitas ini dibina langsung oleh Disbudpar Kota Bandung, terbentuk oleh para pencinta sepeda onthel pada Januari 2012. Fokus kegiatannya sebagai relawan pariwisata yang memberikan informasi event-event di Bandung. Selain itu anggotanya memiliki usaha penyewaan sepeda onthel di Hotel-hotel Bandung. Untuk bergabung bisa datang ke sekretariatnya Jl. Banjarsari Raya No. 4 Antapani, Bandung.

foto: bisnisjabar

 

11.   Bandung Bike Trial Community (B2TC)

b2tcBuat penggemar motor trial yang ingin bersepeda, komunitas ini paling pas untuk diikuti. Komunitas B2TC ini adalah salah satu komunitas bike trial Indonesia yang memiliki anggota anak-anak hingga dewasa, bahkan sekarang ada anggota wanita!. Yang hebatnya lagi B2TC sekarang sudah mempunyai sekolah bike trial. Tertarik untuk bergabung? Datang aja ke Lapangan Gor Saparua setiap Selasa, Kamis dan Jumat pukul 14.00-selesai dan Minggu 8.00-selesai. Info lebih lengkap dan update bisa didapatkan di Fanpage B2TC  dan akun twitter mereka @B2TC.

12.   Lowrider Bandung BICC

biccBICC atau kepanjangan dari Bike Independent Custom Community, adalah suatu komunitas pecinta sepeda di kota Bandung atau lebih tepatnya di Bandung Timur. didirikan pada tanggal 1 juli 2010. Mayoritas anggotanya menggunakan sepeda hasil kreasi sendiri dan bertema sepeda ceper. Info lengkap tentang komunitas BICC dapat ke Halaman Facebook nya

 

 

13.   Bandung Cycling Chic

bandung cycling chicPernah liat cewek-cewek modis keliling Bandung pakai sepeda? Bisa jadi itu Bandung Cycling Chic! Komunitas yang anggotanya cewek ini wajib berpakaian gaya modis dan cantik dan boleh menggunakan sepeda merk apapun. Terbentuk pada tahun 2009, kegiatan rutinnya berkumpul di taman-taman kota di Bandung. Selain itu juga ada Sunday Smile, yaitu kegiatan piknik bersepeda setiap hari Minggu. Tertarik ikut bergabung untuk jadi modis bersepeda? Datang saja di CFD Dago setiap hari minggu, syaratnya Cuma tampil stylish! katakan ‘hai’ jika bertemu BCC dan kamu siap berkeliling Bandung dengan cewek-cewek cantik ini. Semua mata pasti akan tertuju padamu 😀

 

 

 

Gimana, Sudah siap bersepeda kan di Bandung dengan berbagai komunitas sepeda? Masih banyak lagi komunias sepeda yang ada di Bandung, mengingat penggemar sepeda di Bandung sangat banyak sekali. Faktor geografi dan cuaca sangat mendukung untuk kita bersepeda ria di Bandung tanpa terasa bosan dan capek. Nantikan artikel menarik tentang bersepeda lainnya di infobdg.com.

Ayo nikmati Bandung dengan bersepeda! Selamat bergowes ria ya!

Komentar

Total Komentar