Lulusan Berkualitas Melalui Pendidikan Terukur di ASMTB Bandung

0
1401

BANDUNG, infobdg.com – Profesi sekretari merupakan profesi yang sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Namun, sosialisasi program studi ini masih kurang di masyarakat sehingga masyarakat masih berpikiran bahwa menyekolahkan anak itu harus ke jenjang S1 dan seterusnya. Padahal di negara maju trend perekrutan pegawai sudah berubah. Mereka lebih memilih lulusan diploma 1 sampai dengan 4 (program pendidikan vokasional) dengan perbandingan: 80 % lulusan pendidikan vokasional dan 20% lulusan S1 – program doktoral. Paradigma ini merepresentasikan bahwa pendidikan vokasional menyumbang jumlah tenaga kerja lebih banyak dan mampu menekan angka pengangguran secara signifikan.

IG 2 ASMTB

Penguatan karakter lulusan yang berkualitas terdapat dalam prinsip dasar seorang lulusan ASMTB yaitu profesional dalam bekerja, bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, disiplin, jujur, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, untuk meningkatkan nilai kepuasan pengguna lulusan, tahun demi tahun ASMTB selalu berupaya untuk memperkuat daya serap lulusan di dunia kerja dengan membangun hubungan kerja sama dan menjalin komunikasi yang baik dengan dunia industri dan perbankan melalui divisi Bursa kerja ASMTB. Setiap tahun puluhan bahkan ratusan perusahaan datang dan mencari lulusan ASMTB dan tidak jarang pihak perusahaan langsung melakukan perekrutan di kampus.

ASMTB merupakan perguruan tinggi aktif dan terakreditasi BAN PT yang telah berkiprah selama 44 tahun meluluskan sekretaris profesional.

Poster A3 PMB2015V3v8b

Akseptabilitas stakeholders terhadap mutu/ kualitas lulusan ASMTB dijaga dengan baik dan upaya meng-upgrade pengelolaan pendidikan diploma 3 sekretari terus ditingkatkan dengan menerapkan delapan standar mutu perguran tinggi, yakni:

  1. Peningkatan daya serap lulusan dalam dunia kerja
  2. Peningkatan standar mutu mahasiswa
  3. Peningkatan standar mutu dosen
  4. Peningkatan hubungan alumni dan orang tua
  5. Peningkatan standar mutu pendidikan dan pengajaran
  6. Peningkatan standar mutu penelitian
  7. Peningkatan standar mutu pengabdian kepada masyarakat
  8. Peningkatan sarana dan fasilitas

Dengan 8 standar tersebut, lulusan ASMTB dapat cepat terserap dalam dunia kerja dan mampu merepresentasikan lulusan program studi sekretari yang profesional, berkualitas, dan memiliki moralitas yang tinggi.

Lulusan yang baik dan berkualitas harus dibangun oleh semua sistem pendidikan yang kokoh dan komprehensif baik itu dari sisi tata kelola, updating kurikulum, sarana prasarana perkuliahan, kualitas dosen, sistem informasi keuangan, akademik, dan kemahasiswaan, dll. Komponen-komponen penguat itulah yang menjadi acuan utama ASMTB dalam penyelenggaraan pendidikan vokasionalnya selama bertahun tahun. Tak heran lembaga ini mampu menjadi ikon prodi sekretari terbaik di Indonesia.

Penulis: Hendri Pramadya

Komentar

Total Komentar