BANDUNG, infobdg.com – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Universitas Padjajaran (Unpad), serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bekerja sama menggelar “Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa”, pada Selasa (26/2), di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipatiukur, Bandung.

Festival tersebut merupakan upaya dalam membangun kesadaran masyarakat, terutama generasi milenial, bahwa laut merupakan masa depan Indonesia, dan untuk membangun komitmen bersama dalam menjaga kelestarian laut melalui upaya konservasi.

Acara ini diisi dengan pameran dan talkshow dengan menghadirkan langsung Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, serta sejumlah pesohor dan aktivis kelautan.

 

Menurut Menteri Susi, Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa ini sangat baik untuk mendukung visi dan misi pemerintah dalam memastikan laut menjadi masa depan bangsa Indonesia. Selain itu, kegiatan ini pun sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan potensi laut Indonesia kepada generasi milenial di Kota Bandung agar dapat mencintai, menjaga, dan merawat laut, menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Semoga setelah ini orang Bandung cinta laut, orang gunung turun ke laut, karena laut kita begitu luas, provinsinya begitu banyak,” tutur Menteri Susi, saat ditemui usai Talkshow Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa.

Menteri Susi menambahkan, peran perguruan tinggi sangat penting untuk sosialisasi gerakan peduli laut, seperti tidak membuang sampah, terutama sampah plastik ke laut karena sangat berpotensi merusak ekosistem laut Indonesia. Ia berharap Jawa Barat bisa segera mengikuti Bali dan Banjarmasin yang telah menerapkan upaya pengurangan limbah plastik.

Komentar

Total Komentar