“Mobile Masjid” Masjid Keliling di Bandung

0
1017

BANDUNG, infobdg.com – Mengunjungi keramaian-keramaian di Kota Bandung tidak perlu lagi khawatir tidak bisa shalat tepat waktu. Sekalipun sedang berada di tengah kota yang notabene tempat ramai, sering kali kita merasa tidak ada tempat ibadah shalat yang memadai. Hal ini tidak lagi perlu dipermasalahkan jika anda berkunjung ke kota Bandung. Masjid Mobile akan datang “menghampiri” Jemaah.

Masjid Mobile adalah sebuah minibus gagasan Yayasan Masjid Nusantara yang membawa peralatan-peralatan keperluan sebuah masjid. Dengan kata lain, Masjid Mobile adalah masjid yang dapat berpindah-pindah. Tujuan utama Masjid Mobile ini adalah memberikan fasilitas tempat shalat di tempat-tempat yang kurang memadai, seperti keramaian-keramaian, tempat pengungsian, atau tempat yang jauh dari tempat shalat lainnya.

Mobile-Masjid

Peralatan yang tersedia dalam Masjid Mobile ini antara lain, alat-alat shalat seperti mukena dan sarung, karpet masjid, genset, sound system, mimbar, penampungan air dan pipa instalasinya untuk wudhu, hingga sandal jepit, bahkan imam shalat. Tak heran Masjid Mobile ini dapat menampung lebih dari 40 jemaah sehingga dapat melaksanakan Shalat Jumat.

Semula, masjid yang merupakan hasil donasi kepada Yayasan Masjid Nusantara ini dioperasikan di pengungsian pascabencana alam di daerah Pangalengan beberapa waktu yang lalu, namun sudah aktif beroperasi pada bulan Ramadhan lalu.

“Targetnya mendatangi pusat keramaian agar umat muslim dapat tetap beribadah tepat waktu dan berjamaah” jelas Direktur YMN Muhammad Sobirin. Masjid Mobile ini juga menerima panggilan, namun jika tidak ada panggilan, maka keliling-keliling saja mencari keramaian.

Masjid Mobile memang masih memiliki beberapa kekurangan, selain jumlah yang beroperasi baru satu unit, minibus yang digunakan pun masih yang berukuran kecil, sehingga tidak dapat menampung banyak peralatan. Selain itu juga masjid mobile ini tidak memiliki atap sehingga terpaksa berhenti beroperasi apabila cuaca sedang hujan.

YMN ke depannya berencana mengoptimalkan layanan Masjid Mobile ini dengan menambah armada dan menggati armada menggunakan minibus yang lebih besar sehingga dapat menyediakan tempat shalat khusus untuk perempuan. Pihak YMN berharap semoga semakin banyak donator yang melakukan donasi untuk program Masjid Mobile ini.

Foto: masjidnusantara.org

(Indra Tri Ardiya)

Komentar

Total Komentar