Museum Sri Baduga Gelar Museum Expo 2018

44

BANDUNG, infobdg.com – Museum Negeri Provinsi Jawa Barat, Sri Baduga, akan menggelar kegiatan Museum Expo 2018 bertajuk Pameran Bersama Kain Nusantara dengan tema “Balut Ragam Adiwastra Nusantara”. Sri Baduga merupakan museum yang berada di bawah UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi (Disparbud) Jawa Barat.

Penyelengaraan Museum Expo 2018 Pameran Bersama Kain Nusantara di bulan Oktober ini sekaligus dalam rangka Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober lalu, serta menyambut Hari Museum Indonesia pada 12 Oktober mendatang. Untuk mendukung kegiatan ini, Museum Sri Baduga bekerja sama dengan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kemendikbud Republik Indonesia dengan melibatkan peserta dari 36 museum di seluruh Nusantara.

Kasi Cagar Budaya dan Kemuseuman UPTD Pengelolaan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Eddy Sumarto, MM., mengatakan, bahwa kegiatan Museum Expo 2018 Pameran Bersama Kain Nusantara ini akan dilaksanakan mulai dari 9-23 Oktober 2018 di Museum Sri Baduga, Bandung, dengan berbagai rangkaian acara.

Eddy menambahkan, melalui tema “Balut Ragam Adiwastra Nusantara” ini, ia ingin menunjukkan kemegahan budaya Nusantara. “Kemegahan budaya nusantara begitu kaya, banyak sekali warisan yang harus kita jaga keberadaannya sehingga di kemudian hari bisa dilihat oleh generasi muda.” Tutur Eddy.

Dr. Hadi Casmadi, M.MPD., selaku Kepala UPTD Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Pengelolaan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, mengatakan, Museum Expo 2018 akan memamerkan 130 koleksi kain nusantara berupa batik,tenun, dan songket yang telah melalui tahap seleksi oleh kurator, salah satunya adalah kain jadasan dan tenun dari Garut, tenun dari Indramayu, tenun dari Majalaya, serta tenun dari Kalimantan Barat dan Sulawesi.

Komentar

Total Komentar