BANDUNG, infobdg.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung mulai hari ini, Rabu (23/10), akan melaksanakan operasi zebra di Kota Bandung yang berkaitan dengan cipta kondisi pasca Pemilu 2019 serta jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo, saat ditemui Infobdg di Mapolrestabes Bandung, Rabu (23/10). Bayu menuturkan, operasi zebra ini akan berlangsung hingga tanggal 5 November 2019.

“Untuk operasi zebra sendiri berlangsung tanggal 23 Oktober sampai 5 November,” ungkap Bayu.

Dalam operasi zebra tahun ini, Bayu mengatakan pihaknya akan fokus pada 8 target pelanggaran utama. Diantaranya adalah penggunaan helm, pengendara dalam keadaan mabuk, tidak menggunakan safety belt, penggunaan strobo, melawan arus, pengendara di bawah umur, serta kendaraan yang melebihi batas kecepatan.

Berkaca pada operasi-operasi yang pernah digelar sebelumnya, pelanggaran penggunaan helm lebih banyak ditemukan di Kota Bandung. Artinya, Bayu menuturkan, kesadaran masyarakat Bandung akan pentingnya menggunakan helm saat berkendara masih kurang. Penggunaan helm menurut Bayu sangat wajib bagi pengendara sepeda motor, baik pengendara maupun penumpangnya.

“Dalam operasi kemarin, evaluasi yang kita dapatkan bahwa lebih banyak pelanggaran terhadap penggunaan helm. Artinya masyarakat masih kurang sadar apa pentingnya penggunaan helm pada saat menggunakan sepeda motor, baik itu untuk pengemudi atau penumpang, dan juga untuk anak kecil,” pungkas dia.

Bayu menegaskan bahwa anak-anak sebagai penumpang sepeda motor juga wajib dipakaikan helm. Ia menekankan bahwa anak-anak juga punya hak untuk selamat selama berada di jalan.

Digelarnya operasi zebra oleh Satlantas Polrestabes Bandung ini merupakan bagian dari upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban akibat kecelakaan di Kota Bandung. Untuk itu, dihimbau Wargi Bandung agar selalu berhati-hati dan mementingkan keselamatan berkendara di jalan raya, bukan karena takut polisi.