BANDUNG, infobdg.com – Sempat tutup akibat terbakar pada Sabtu (18/5) lalu, Pasar Kosambi yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, hari ini, Selasa (28/5), mulai beroperasi kembali.

Ratusan pedagang yang kiosnya hangus terbakar saat ini telah menempati Tempat Penampungan Pedagang Sementara (TPPS) yang berada di halaman parkir dan sektor kiri bangunan.

“Kami dari TPID (Tim Pemantau Inflasi Daerah) ingin menguatkan dan memberi dorongan kepada PD Pasar agar TPPS bisa beroperasi dan aktivitas jual beli bisa berjalan,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Bandung, Erik M. Ataurik.

Sementara itu, Kepala PD Pasar Bermartabat, Andri Salman menyebutkan, pihaknya telah berkomunikasi dengan para pedagang terdampak kebakaran di Pasar Kosambi.

“Kita sudah siapkan lahan untuk TPPS, dan pedagang juga sudah mengambil undian untuk lapak (meja untuk) berjualan mereka. Kemudian mereka juga sudah memesan dagangan dari produsen,” terang Andri.

 

Barang dagangan dari produsen mulai masuk ke Pasar Kosambi pada Senin (27/5) malam hingga Selasa (28/5) dini hari. Adapun proses perbaikan bangunan Pasar Kosambi agar bisa kembali digunakan masih menunggu beberapa tahapan, mulai dari uji struktur beton hingga pembenahan lainnya yang terfokus pada area semi basement.

“Oleh karenanya, untuk memudahkan akses, lahan parkir dan beberapa sektor gedung dijadikan TPPS sampai bangunan pasar dapat digunakan kembali,” tutur Andri.

Selanjutnya, pihaknya memastikan seluruh kebutuhan pokok masyarakat, utamanya di Pasar Kosambi, saat ini sudah stabil dan aman. “Insyaallah dalam kondisi aman,” tutupnya.

Komentar

Total Komentar