BANDUNG, infobdg.com – Pemprov Jawa Barat resmi memulai pembangunan flyover di Jalan Laswi-Pelajar Pejuang dan Jalan Jakarta-Supratman, Kota Bandung. Dimulainya pembangunan dua flyover tersebut ditandai dengan dilaksanakannya acara groundbreaking pada Selasa (3/9), di Jalan Jakarta, Bandung.

Kepala UPTD Wilayah Pelayanan III Bandung, Aan Heryadi menyampaikan, kedua flyover ini akan dibangun dalam 2 tahap, yaitu tahap I (Tahun Anggaran 2019) yang pembangunannya baru akan dimulai saat ini, dan tahap II (Tahun Anggaran 2020) pada April 2020.

“Untuk tahap I ini lingkup pekerjaannya meliputi relokasi utilitas, pelebaran perkerasan, dan pekerjaan pondasi. Sedangkan tahap II lingkup pekerjaannya abutmen jembatan, oprit jembatan beton ringan, gelagar jembatan, perkerasan beton, perkerasan hotmix, dan bangunan atas pelengkap,” ungkap Aan, ditemui usai acara Groundbreaking Pembangunan Flyover, Selasa (3/9), di Jalan Jakarta, Bandung.

Sementara itu, Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Jawa Barat, A. Koswara, mengatakan dalam laporannya bahwa dua flyover yang dibangun ini akan menghubungkan jalur kota dan jalur provinsi. Flyover Jalan Laswi-Pelajar Pejuang akan dibangun sepanjang 520 meter melintasi Jalan Gatot Subroto, sementara flyover Jalan Jakarta-Supratman dibangun sepanjang 500 meter melintasi Jalan Ahmad Yani.

“Kedua flyover akan menghubungkan dua ruas jalan provinsi. Flyover Laswi melintasi Jalan Gatsu, sementara flyover Jalan Jakarta menghubungkan Jalan Supratman melintasi Jalan Ahmad Yani. Kedua simpang ini adalah titik di Kota Bandung yang sering mengalami kemacetan,” pungkas Koswara.

Pembangunan kedua flyover tahap I ini direncanakan rampung pada akhir tahun 2019, sementara untuk pembangunan flyover tahap II akan dilaksanakan pada April 2020. Koswara berharap, pembangunan kedua flyover ini segera selesai sesuai target, sehingga pada Oktober 2020 flyover bisa beroperasi.

Komentar

Total Komentar