Pengamanan Lapas Banceuy Harus Diperketat

By on May 16, 2013 | views: 53
http://jerrybambuta.wordpress.com

http://jerrybambuta.wordpress.com

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat, I Wayan Dusak telah memerintahkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Wahid Husein, untuk memperketat pengamanan dan patroli di sekitar tembok pembatas lapas. Perintah itu menyusul beberapa “insiden” yang terjadi di Lapas Banceuy.

“Kami minta kepada Kalapas untuk meningkatkan patroli dan pengawasan keliling tembok lapas. Jangan sampai hal-hal seperti ini terjadi lagi,” katanya kepada wartawan, Kamis (16/5/2013).

Dusak menuturkan, telah membentuk satuan tugas dari internal Lapas Banceuy untuk mengantisipasi “insiden” serupa. “Itu dari satgas setempat yang menanganinya. Kami juga sudah meminta kalapas untuk melaporkan ke polisi setiap ada kasus seperti itu. Dan untuk kasus kemarin, kalapas langsung berkoordinasi dengan Polda Jabar.

Dusak juga menuturkan, telah meminta bantuan kepolisian untuk membantu mengawasi tembok pembatas Lapas Banceuy. “Khususnya ke polsek setempat. Ya sama-sama melakukan pengawasan untuk antisipasi,” katanya.

Dia menuturkan, sebenarnya petugas di Lapas Banceuy telah rutin memeriksa kamar narapidana. “Petugas juga sudah menyita barang-barang dari narapidana yang memang dilarang dimiliki. Seperti handphone dan lainnya,” ujar Dusak.

Dalam sepekan terakhir, Lapas Banceuy didera sejumlah “insiden”. Satu yang cukup mengejutkan ialah keterlibatan seorang napi Lapas Banceuy bernama Bonar, dalam jaringan narkotika internasional. Kasus itu diungkap Polda Jabar dan Bea Cukai.

Bonar berkolaborasi dengan seorang napi di Lapas Nusakambangan berkewarnegaraan Nigeria. Narkotika jenis sabu itu dikirim dari India dan disembunyikan dalam mini set golf.

Terakhir, pada Selasa (14/5/2013), petugas Lapas Banceuy menemukan lima botol plastik bekas minuman energi. Lima botol itu ditemukan di halaman d

ekat Blok F. Di dalamnya ada 1,4 kilogram ganja dan 400 butir pil dekstro. Botol-botol itu diduga kuat dilemparkan seseorang dari luar tembok lapas. (A-128/A-26)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com

Bhakti Wirawan

Advertising Manager @infobdg | Announcer @InfoBdgRadio | For Event Media Partner & Advertising: contact@infobdg.com | Web: www.infobdg.com

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM