PT KAI Menyediakan 32 KA Tambahan. Penjualan Tiket Kereta Tambahan Lebaran Mulai 1 Juli 2012

By on June 21, 2012 | views: 288

InfoPublik – PT Kereta Api Indonesia (persero) menyediakan 32 KA tambahan untuk melayani pengguna jasanya selama masa Lebaran 2012/1433 H. KA tambahan terdiri 18 komersial dan 14 nonkomersial di luar rangkaian regular sebanyak 178 KA. Penjualan tiket KA tambahan akan diberlakukan mulai 1 Juli 2012 pukul 00.00 di seluruh outlet penjualan sebanyak 13.000 titik.

read more from: http://www.bipnewsroom.info

Direktur Operasional PT KA Bambang Irawan mengemukakan penyediaan kereta tambahan tersebut sebagai upaya operator dalam memfasilitasi pengguna jasa yang belum kebagian tiket reguler. “Keberangkatan KA tambahan akan dilakukan selama masa angkutan Lebaran yang ditetapkan selama 16 hari, dimulai tujuh hari sebelum lebaran 12-18 Agustus 2012 dan purna lebaran selama tujuh hari (H2+7) atau mulai 21-27 Agustus 2012,” jelas Bambang Irawan dalam konferensi pers persiapan angkutan Lebaran 2012/1433H di Jakarta, Rabu (20/6).

Lebih lanjut, Bambang menjabarkan, untuk KA tambahan komersil akan disiapkan untuk relasi Gambir-Solo dan sebaliknya, Gambir-Malang dan sebaliknya, Gambir-Cirebon dan sebaliknya, Solo-Bandung dan sebaliknya, Yogya-Surabaya dan sebaliknya, serta Senen-Kutoarjo dan sebaliknya.

Sementara untuk KA tambahan ekonomi diantaranya, relasi Senen-Surabaya dan sebaliknya, Senen-Semarang dan sebaliknya, Tanahabang-Madiun, Senen-Malang dan sebalikya, Surabaya-Bandung, Senen-Kutoarjo dan sebaliknya, serta Bandung-Kutoarjo dan sebaliknya.

“Pemberlakuan okupansi sebesar 100persen dari tempat duduk juga tetap berlaku. Meski dengan begitu jumlah penumpang akan mengalami penurunan hingga 20 persen dibandingkan tahun lalu, yakni dari 2,1juta penumpang menjadi 1,9juta penumpang. Namun kami lakukan ini sebagai upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan selama perjalanan,” ujar Bambang.

Direktur Komersil PT KA Wimbo Hardjito mengatakan, mulai H-4 hingga H+3 tidak ada penjualan tiket goshow (pembelian tiket di loket di hari keberangkatan). Oleh sebab itu seluruh masyarakat yang akan menggunakan jasa KA dihimbau untuk membeli tiket dari jauh hari.

“Dengan ketentuan itu, tidak perlu ada lagi masyarakat yang sampai menginap di stasiun pada saat mau menggunakan KA. Namun bagi yang akan menukarkan struk pembelian tiket online tetap disediakan loketnya,” kata Wimbo.

PT KA, lanjut Wimbo, juga akan memberikan diskon tarif hingga 50 persen dari tarif reguler untuk keberangkatan menjelang Lebaran tergantung hari keberangkatannya. Dia mencontohkan, pada H-5 dari Jakarta ke Semarang tarifnya beda dengan Semarang ke Jakarta.

Kepada seluruh penumpang lanjut usia (lansia) juga tetap mendapat diskon tarif sebesar 30 persen apabila melakukan pembelian tiket di loket-loket stasiun dengan menunjukkan kartu identitas diri. “Penumpang juga tidak boleh merokok selama berada di dalam KA,” tegas Wimbo.

Kepala Daop I, Purnomo menambahkan, untuk mengurangi kepadatan jumlah penumpang selama masa mudik lebaran, PT KA akan menyebar pola operasi kereta dengan meniadakan keberangkatan KA ekonomi relasi Madiun melalui stasiun Tanah Abang, dan dialihkan keberangkatannya di stasiun Tanjungpriok dan Senen.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan berencana menyerahkan bantuan KA untuk angkutan lebaran sebanyak tiga rangkaian. Menurut Dirjen Perkeretaapian Tundjung Inderawan, untuk relasinya akan diserahkan kepada PT KA sebagai operator yang melakukan operasionalnya.(dry)

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM