Rekomendasi 15 Tempat Makan Terbaik yang Wajib Dikunjungi Saat ke Bandung

475

BANDUNG, infobdg.com – Berlibur ke Bandung tentu kurang lengkap rasanya jika belum wisata kuliner. Apalagi Bandung terkenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia. Banyaknya tempat makan yang ada terkadang membuat para pelancong merasa bingung memilih restoran yang enak dan direkomendasikan oleh para penikmat kuliner.

Kini Wargi Bandung tidak perlu bingung lagi. Pasalnya, kini telah ada aplikasi Traveloka Eats yang akan membantu Wargi Bandung dalam menemukan rekomendasi kuliner lezat di berbagai destinasi wisata populer di Indonesia. Menariknya lagi, selain bisa melihat detail restoran dan review restoran dari para pengunjung, lewat fitur terbaru dari Traveloka tersebut Wargi Bandung juga bisa mendapat berbagai voucher dan penawaran menarik dari banyak restoran setiap harinya.

Nah, jika sedang berlibur ke Bandung, berikut adalah beberapa tempat wisata kuliner Bandung yang direkomendasikan dan banyak mendapat penilaian positif dari para penikmat kuliner.

Batagor Riri

Batagor merupakan kuliner asli Kota Bandung. Hidangan ini berupa bakso tahu goreng yang dipotong-potong dan dihidangkan dengan bumbu kacang. Di Bandung, salah satu kedai batagor yang cukup terkenal adalah Batagor Riri.

Berlokasi di Jalan Burangrang no 41, kedai batagor ini menyediakan menu batagor ikan tengiri dengan cita rasa yang gurih dan lezat. Ditambah dengan siraman bumbu kacangnya yang khas, sensasi nikmat dan perpaduan rasa yang pas pasti akan dirasakan saat menikmati seporsi Batagor Riri. Bukan hanya batagor saja, di kedai ini Wargi Bandung juga bisa mencicipi aneka menu lainnya, seperti siomay, bubur ayam, serta aneka jus buah.

Restoran Alas Daun

Berkunjung ke bumi Pasundan, tentu kurang lengkap jika belum mencicipi hidangan khas Sunda. Nah, salah satu restoran Sunda di Bandung yang cukup direkomendasikan adalah Restoran Alas Daun. Sesuai dengan namanya, restoran ini menghadirkan sensasi makan unik dengan alas berupa daun pisang. Pasalnya, nasi panas yang diletakkan di atas daun pisang akan memiliki aroma yang lebih wangi sehingga lebih nikmat saat disantap.

Untuk makanannya, di restoran ini tersedia beraneka macam masakan khas Sunda seperti nasi liwet, karedok, ayam bakar, hingga sate maranggi. Tak ketinggalan, beragam sayuran seperti orak-arik bunga pepaya, sayur asem, serta tumis genjer pun turut dihadirkan sebagai pelengkap. Jika ingin mencoba kelezatannya, datang saja ke Jalan Citarum no 34.

Restoran Sunda Sedep Malem

Jika Anda mencari tempat makan khas Sunda yang nikmat dan nyaman, Restoran Sunda Sedep Malem merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan. Restoran ini berlokasi di Jalan Burangrang no 11. Dengan area restorannya yang luas dan asri, di tempat ini Wargi Bandung bisa menikmati hidangan di meja makan atau sembari lesehan di gazebo-gazebo yang tersedia.

Untuk menunya, terdapat berbagai menu masakan khas Sunda seperti sayur asem, nasi timbel, ayam goreng, ikan gurame goreng, karedok, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk sambalnya, Restoran Sedep Malem juga menyediakan beragam pilihan sambal yang bisa dipilih sesuai selera, mulai dari sambal terasi, sambal goreng, sambal hijau, dan lain sebagainya.

Mie Kocok Mang Dadeng

Mie Kocok Mang Dadeng merupakan salah satu tempat makan mi kocok legendaris yang ada di Bandung. Berlokasi di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) no 67, mi kocok yang sudah dijajakan sejak tahun 1970 ini memiliki ciri khas bumbu spesial yang diracik menggunakan 27 macam rempah-rempah rahasia keluarga. Karenanya, tak heran jika mi kocok yang disajikan memiliki cita rasa yang nikmat dan pecah di lidah.

Tak hanya itu saja, untuk menjaga kehangatan dan kualitas kuahnya, Mie Kocok Mang Dadeng juga menggunakan api dari bara arang untuk menghangatkan kuah mi kocok. Proses pengolahan kaki dan tulang sapi pun dilakukan dengan cara yang berbeda. Setelah direbus selama empat jam, rebusan kemudian ditambahkan daun salam dan jahe untuk menghilangkan bau anyir tulang dan menambah kenikmatan kaldunya.

Wingz O Wingz

Wingz o Wingz adalah tempat makan kekinian yang berlokasi di daerah Antapani, tepatnya di Jalan Purwakarta no 29, Antapani. Buka mulai pukul 10.00 sampai 22.00, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bersantai sambil bercengkrama bersama teman atau keluarga.

Dengan desain interior kafe yang cukup nyaman dan Instagrammable, di sini Wargi Bandung bisa menikmati hidangan chicken wings dengan beragam pilihan rasa, mulai dari blackpepper, atomic, hichory, spicy mayo, cajun style, chiz lava, pepper cheese, hot and super hot, ozaki, US crispy, serta honey lemon.

Soal harga, Wargi Bandung tak perlu khawatir, soalnya kafe ini menawarkan harga yang cukup murah untuk menu-menunya. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 33.000 saja, Wargi Bandungg sudah bisa menikmati paket combo 1 yang terdiri dari 4 sayap, 1 nasi, serta 1 minuman.

Giggle Box

Bagi yang sedang mencari tempat nongkrong dengan suasana yang cozy, Giggle Box Café ini bisa menjadi salah satu pilihan nya. Berdiri sejak tahun 2010 di Jalan Progo Bandung, kafe ini kini telah memiliki cabang yang tersebar di Kota Bandung, yakni di BIP (Bandung Indah Plaza) lantai 1, Ciwalk, serta Jalan Karangsari no 1.

Untuk menu makanannya, di Giggle Box Café tersedia aneka makanan Indonesia dan western seperti fruit salad, cookies and ice cream, grilled chicken, frappe chocolagio, beef strogstroganoff pasta, dan masih banyak lagi lainnya. Soal harga, Wargi Bandung tak perlu khawatir lagi deh soalnya semua menu yang disajikan di kafe ini dibanderol dengan harga tak lebih dari Rp 100.000.

Brother Jonn and Sons

Brother Jonn and Sons merupakan tempat makan berkonsep food truck yang saat ini sedang digandrungi kaum milenial Bandung. Lokasinya terletak di Jl Ciumbuleuit no 107.

Hal pertama yang menjadi daya tarik dari tempat makan yang satu ini adalah bus berwarna hijau tosca dengan desain eksterior unik bergaya retro. Tak ketinggalan, hiasan lampu-lampu gantung cantik dan bangku berwarna-warni yang ditempatkan di sekitar food truck juga semakin menambah kesan unik yang dihadirkan.

Untuk menu makanannya, di sini tersedia aneka menu western seperti burger, corn dog, cheez booster, hingga fried chicken. Namun, salah satu menu andalan Brother Jonn and Sons yang tak boleh Wargi Bandung lewatkan saat berkunjung ke tempat ini adalah The 1984 cheese burger. Dengan roti bun sebagai pembungkus, daging lembut yang diolah dengan bumbu rahasia sebagai isian, serta tambahan sayur-sayuran segar dan keju sebagai pelengkapnya, burger yang satu ini pastinya akan menjadi sajian yang akan menggoyang lidah.

Kopi Ireng

Bagi para pencinta kopi, Kopi Ireng merupakan salah satu kafe yang wajib di kunjungi saat berada di Bandung. Kafe ini menawarkan racikan kopi ala Karneli Sadikin yang sudah terkenal di antara para pencinta kopi.

Dengan menyuguhkan konsep minum kopi di rumah joglo dan pemandangan Kota Bandung dari atas bukit, kafe ini menyajikan beragam jenis kopi yang siap memuaskan hasrat para pencinta kopi, mulai dari kopi Toraja, latte espresso, Mandheling, Wamena, Gayo, Flores, illy, kopi godok, avocado coffee, dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi yang bukan penikmat kopi, Wargi Bandung juga tak perlu khawatir, karena kafe ini juga menyajikan beragam minuman yang tak kalah nikmat, seperti jus buah, thai tea, fruit punch, hingga smoothies. Sementara untuk makanannya, terdapat beragam pilihan makanan ala kafe seperti sandwich, omellete, pancake, spaghetti, hingga mashed potato yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 30.000.

Atmosphere Resort Cafe

Atmosphere Resort Café merupakan sebuah restoran bergaya Sunda dan Bali yang berlokasi di pusat Kota Bandung, tepatnya di Jalan Lengkong Besar no 97. Konsep bersantap di saung-saung dan gazebo menjadi fasilitas istimewa yang akan ditemukan di restoran ini.

Untuk makanan utamanya, restoran ini menyajikan menu makanan khas Indonesia dan Eropa yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 50.000. Beberapa di antaranya yang menjadi favorit pengunjung ada chicken steak, tuna sandwich, fettucine, spaghetti bolognese, chicken acapuico, nasi goreng lengkong, ayam bakar sulawesi, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak ketinggalan, beragam makanan penutup dan minuman juga ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 20.000. Jika bingung menentukan pilihan, Wargi Bandung juga bisa memesan paket kuliner Bandung dengan harga mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 70.000.

The Peak Resort Dining

Bersantap sambil menikmati suasana pegunungan tentu bisa menjadi cara terbaik untuk menghabiskan waktu bersantai di Bandung. Nah, The Peak Resort Dining merupakan salah satu tempat makan di Bandung yang memenuhi kriteria tersebut. Dengan beragam sajian masakan nusantara hingga mancanegara yang nikmat, restoran yang berlokasi di kawasan Lembang ini menghadirkan nuansa makan yang romantis sekaligus eksotis, terlebih jika berkunjung di malam hari.

Untuk menunya, di restoran ini terdapat beragam pilihan menu yang terdiri dari menu appetizer, Special dessert, kid’s menu, healthy menu, traditional menu, flambe, serta pancake. Namun, khusus untuk menu tradisional, restoran hanya menghidangkan saat akhir pekan saja. Untuk lebih jelasnya, lihat saja menu-menu dari The Peak di Traveloka Eats. Lewat fitur terbaru dari Traveloka tersebut, The Peak juga menawarkan sejumlah pilihan voucher setengah harga yang bisa Wargi Bandung dapatkan dengan merogoh kocek mulai dari Rp 65.000.

Jika ingin merasakan sensasi makan yang lebih romantis dan privat bersama pasangan, Sky Private Dining Room yang bertempat di lantai tiga restoran bisa menjadi pilihan yang tepat. Dari sana, bisa melihat dengan jelas pemandangan Kota Bandung yang cantik berikut pegunungan-pegunungan yang mengelilinginya.

Sapulidi

Masih di kawasan Lembang, satu lagi tempat makan yang tak boleh terlewatkan adalah restoran Sapulidi. Dengan konsep suasana pedesaan, restoran ini menawarkan sensasi yang berbeda dari biasanya. Di sana, Anda bisa menikmati hidangan di saung bambu yang terletak di tepi danau atau area persawahan. Untuk menuju saung satu dan saung yang lain, terdapat jalan setapak dari bebatuan yang di kanan kirinya terhampar rerumputan hijau dan pepohonan yang asri. Menariknya lagi, harus memukul kentongan yang ada di saung bambu untuk memesan makanan. Dengan satu kali pukul, pelayan pun akan langsung datang membawakan menu.

Nah, untuk menu, di restoran ini tersedia beragam hidangan kuliner khas Sunda, Jawa, serta Eropa. Adapun beberapa di antaranya yang menjadi favorit pengunjung adalah ayam kahaseupan, ayam bakar daun, ayam balatak pete, serta nasi timbel komplit. Untuk menu minuman, di sini juga terdapat aneka pilihan minuman khas Sunda seperti bandrek, bajigur, sekoteng, serta wedang ronde.

Traffic Cafe

Sudah bukan menjadi rahasia kalau Pasteur merupakan salah satu daerah kemacetan di Bandung. Karena alasan itulah mungkin pemiliki kafe yang berlokasi di Jalan Pasteur no.11 A ini menamakan kafenya dengan nama Traffic Café. Dari luar, kafe ini tampak memikat dengan desain bangunan menggunakan finishing batu-bata dan plang besar bertuliskan “Traffic” yang terpampang di bagian depan. Ketika masuk ke dalam, Wargi Bandung akan disambut dengan suasana kafe yang homey dengan desain interior yang didominasi kayu dan penerangan yang  yang hangat.

Untuk makanannya, kafe ini menyajikan aneka menu western food yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 35.000. Beberapa di antaranya ada baked rice creamy sausage, spaghetti aglio olio, beef and mushroom burger, serta grilled chicken steak. Sementara, untuk minumannya, tersedia aneka pilihan minuman seperti classic apple mojito, strawberry flavoured tea, hingga cappuccino.

Mangkok Manis

Mangkok Manis merupakan sebuah kafe di kawasan Cihampelas yang menyajikan aneka menu dessert. Namun, berbeda dengan tempat lainnya, menu dessert yang ada di kafe ini disajikan dengan konsep yang unik, yakni menggunakan batok kelapa sebagai mangkoknya.

Dengan isian es krim yang nikmat, puding, serta beragam pilihan toping dan sensasi unik dari mangkok batok kelapa, menu dessert di kafe ini ternyata banyak digemari oleh para penikmat kuliner. Bahkan, dari yang awalnya hanya dijual menggunakan gerobak, kini Mangkok Manis telah berubah menjadi kafe yang banyak dikunjungi anak muda Bandung untuk menikmati semangkok dessert yang lezat sambil bersantai bersama teman-teman.

Pizzalogy

Jika ingin menikmati pizza dengan sensasi yang berbeda dari biasanya, datang saja ke Pizzalogy. Tempat ini berlokasi di Cihampelas Walk dan menempati gedung yang sama dengan Tokyo Connection. Saat memasuki Pizzalogy, Wargi Bandung akan disambut dengan suasana pop art yang cozy dan ceria. Karenanya, tak heran jika pengunjung yang datang ke tempat ini rata-rata adalah mahasiswa atau pelajar yang ingin berkumpul dan bercengkrama bersama teman-teman. Walau, tidak sedikit pula pengunjung dewasa yang datang beserta keluarga atau anak-anak.

Untuk makanannya, Pizzalogy menghadirkan beragam pilihan menu pizza dan pasta. Beberapa menu andalannya yang menjadi favorit para pengunjung di antaranya aglio olio, almonetta crush, barbeque pizza, serta beef calzone.

Soal harga, Wargi Bandung tak perlu khawatir deh, karena aneka menu yang disajikan di tempat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20.000. Apabila datang bersama rombongan, Anda juga bisa memesan pizza raksasa berukuran 45 cm x 100 cm dengan harga mulai dari Rp 150.000.

One Eighty Coffe

One Eighty Coffee merupakan coffee shop berkonsep unik yang sedang terkenal di Bandung. Berlokasi di Jalan Ganesha no 3, tempat ini menawarkan sensasi bersantap di area kolam renang dangkal dengan air setinggi mata kaki. Sementara, di dapurnya yang berkonsep open kitchen, terdapat tempat untuk meracik kopi dan membuat sandwich.

Sementara, untuk makananya, menu yang dihadirkan di kafe ini juga cukup variatif. Selain makanan-makanan western, di sini juga bisa memesan menu masakan Asia seperti nasi goreng, sop buntut, soto Betawi, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi, itulah beberapa pilihan tempat makan yang bisa dikunjungi saat berada di Bandung. Jika ingin melihat restoran-restoran lainnya yang tak kalah menarik, buka saja fitur Traveloka Eats lewat aplikasi Traveloka. Semoga bermanfaat.

sumber : kuliner-kuliner-bandung.blogspot.com (restoran alas daun) | Debora Setopo | bragacitywalk.co.id | atmosphere.co.id | alddysigant

Komentar

Total Komentar