Ribuan Ulat Jengkal Serang Pohon Di Pemkab Bandung

By on April 2, 2013 | views: 222
http://planthospital.blogspot.com
http://planthospital.blogspot.com

http://planthospital.blogspot.com

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNNEWS.COM  SOREANG,- Puluhan pohon flamboyan di komplek Pemkab Bandung diserang ulat jengkal. Selama sepekan ini, ribuan ulat jengkal mulai menyerang pohon. Fenomenan cuaca yang tidak menentu membuat perkembangan ulat ini menjadi cepat.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengatakan, pengaruh cuaca yang hangat serta lembab membuat ulat-ulat ini menjadi banyak. Tidak hanya pohon flamboyan yang diserang tapi pohon sejenisnya seperti lantorogung juga diserang.

“Sekarang seda

ng peralihan musim. Cuaca sudah mulai panas tapi masih lembab juga. Jadi waktu yang bagus untuk ulat-ulat ini berkembangbiak. Tapi ulat ini tidak berbahaya bagi manusia karena tidak menyebabkan gatal. Tidak usah terlalu khawatir dampak dari banyaknya ulat-ulat ini,” ujar Tisna usai melakukan penyemprotan hama ulat di Komplek Pemkab Bandung, Selasa (2/4).

Setelah mendengar informasi dari masyarakat, lanjut dia, Distanbunhut langsung bergerak untuk melakukan penyemprotan menggunakan insektisida. Brigade proteksi tanaman sabilulungan dikerahkan untuk melakukan penyemprotan. Selain pengaruh cuaca, kurangnya predator ulat seperti burung membuat perkembangannya semakin cepat.

“Kita lakukan penyemprotan dulu menggunakan insektisida. Tapi jenis ulat yang berada di Masjid Raya Alfathu dengan yang berada di dekat gedung humas berbeda. Ulat yang berada di dekat gedung humas kurang ampuh menggunakan insektisida. Kita akan gunakan racun yang lain untuk memberantas ulat,” katanya.

Ulat jengkal ini tersebar di beberapa lokasi di Pemkab Bandung. Di antaranya di Mesjid Raya Alfathu serta di dekat gedung humas Pemkab Bandung. Mas

yarakat yang resah oleh hama ulat pun bisa menghubungi Distanbunhut di nomor 022-5891703. (aa)

Caption: Petugas brigade proteksi tanaman sabilulungan, sedang melakukan penyemp

 

Editor: Budi Prasetyo  |  Sumber: http://www.tribunnews.com

Bhakti Wirawan

Advertising Manager @infobdg | Announcer @InfoBdgRadio | For Event Media Partner & Advertising: contact@infobdg.com | Web: www.infobdg.com

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM