Serba Kuliner Pisang Ala Bandung

0

BANDUNG, infobdg.com – Kadang kulit pembungkusnya berwarna kuning cerah, kadang hijau muda. Teksturnya halus dan licin. Saat dibuka, terlihat daging buah yang berwarna putih dan terasa lunak. Rasa eksotisnya menggali ingatan tentang kampong halaman, dimana kebun-kebun di saa selalu berisi penuh akan pohon dari buah ini. Itulah pisang, buah sederhana dan merakyat yang bias disulap menjadi berbagai jenis masakan yang luar biasa.

Bandung, sebagai kota yang tersohor akan julukan surga kuliner, memiliki berbagai cara khas dalam menyulap satu sisir pisang menjadi jajanan maknyus yang membuat ketagihan. Cukup tergiur dan penasaran, guys?

Pisang Ajaib #1 : Banana Split Ice Cream
Namanya sangat menarik perhatian. Banana Split. Selain karena julukannya yang unik, banana split ini merupakan salah satu jenis es krim klasik yang cukup membuat masyarakat Bandung ketagihan. Lembutnya es krim beraneka rasa bertemu dengan tekstur buah pisang yang halus dan lunak, menciptakan sebuah cita rasa yang cukup unik.

Waktu tepat menyantap? Selepas berada di bawah terik matahari dan kemacetan lalu lintas kota, banana split pun menjadi sebuah penyelamat yang dating di saat yang tepat.
Spot serunya? Sebuah restoran oldschool berhiaskan kanopi Belanda kuning di depannya, menjadi jawaban dari perburuan kami. Selain dari soal rasa, restoran bernama PT.Rasa ini pun mengedepankan suasana jadul, sehingga wisata kuliner serba pisang kali ini terasa lebih bermakna.

Pisang Ajaib #2 : Pisang Keju
Serpihan pisang yang telah dibuka kulitnya dibakar hingga kecoklatan, kemudian ditaburi susu kental manis dan keju yang menumpuk di atasnya. Banyak di antara para penjaja pisang keju senang menambahkan messes ke dalamnya. Pisang keju, sebuah jajanan yang lumrah ditemukan di depan pelataran sekolah, dan selalu menjadi favorit para penikmatnya. Kolaborasi ciamik antara tekstur pisang bakar manis, dengan keju yang menumpuk, selalu menjadi kuliner favorit sepanjang masa.

Waktu tepat menyantap? Saat sore hari menjelang, pisang keju hangat menjadi pilihan yang tepat untuk menemani pemandangan matahari terbenam.
Spot serunya? Bertanya soal keju yang menumpuk, maka Madtari menjadi jawabannya. Street vendor yang sudah sangat tersohor hingga ke luar kota ini memang menjadikan pisang keju sebagai menu andalannya.

Pisang Ajaib #3 : Pisang Goreng

Pisang goreng merupakan salah satu jenis kuliner yang wajib dibeli apabila mendatangi gerobak penjaja gorengan. Rasanya yang manis, dicampur dengan tepung, digoreng dengan minyak secukupnya, dan seketika pisang sederhana ini pun berubah menjadi pisang goreng gurih dan renyah. Hmmm.. yummy!

Waktu tepat menyantap? Pisang goreng selalu menjadi jajanan yang tepat disantap kapanpun dan dimanapun. Namun, sebagai rekomendasi, cobalah menyantap kuliner ini bersama secangkir teh panas di sore hari.
Spot serunya? Bila bertanya soal pisang goreng, maka pisang goreng bertabur gula tepat di depan Bakmi Jogja Jalan Taman Pramuka pun menjadi jawabannya.

Pisang Ajaib #4 : Pisang Ijo
Seonggok daging buah pisang yang telah terlepas dari kulitnya dibungkus oleh lapisan manis berwarna hijau. Tak heran kenapa orang menainya pisang ijo alias hijau. Dengan berbagai tambahan topping seperti susu kental manis, vanilla, coklat ataupun saus strawberry, tak lupa menggunakan es batu di sisinya, pisang ijo ini selalu digemari para penikmat kuliner kota Bandung.

Waktu tepat menyantap? Pisang ijo termasuk salah satu jajanan yang cocok dicicipi kapanpun, namun satu momen yang paling pas untuk menyantap kuliner ini, adalah saat terik matahari menyengat. Pisang ijo pun akan menjadi pahlawan sesaat untuk memuaskan dahaga.
Spot serunya? Pisang ijo cukup mudah ditemukan di mana-mana, biasanya gerobak kayu dengan finishing cat berwarna coklat muda ini berada di pusat keramaian, seperti mall, ataupun kampus-kampus ternama di Bandung.

Hmm.. ternyata, pisang pun tak hanya identik sebagai makanan utama dari hewan primata, namun sesosok buah yang terkumpul dalam beberapa sisir ini mampu disulap menjadi aneka ragam kuliner dengan rasa yang sangat nagih di mulutmu, pembaca! Masih belum percaya? Langsung saja kunjungi objek-objek wisata kuliner serba pisang tersebut dan rasakan sensasinya! (CS)

 

sumber : http://bandungreview.com

Komentar

Total Komentar