Stasiun Bandung Termasuk 5 Stasiun Kereta Terantik di Indonesia

By on January 14, 2013 | views: 1,040
Bandung-Stasiun
BANDUNG, infobdg.com – Di Indonesia, kereta sudah ada sejak zaman Hindia-Belanda sebagai saran transportasi. Stasiun kereta tua yang ada sejak dulu, masih beroperasi sampai sekarang dan menjadi objek wisata sejarah.

Bagaikan pesawat dan bandara, kehadiran stasiun sangat penting bagi kereta. Di sinilah penumpang naik dan turun. Di stasiun pulalah tempat kereta beristirahat setelah lelah seharian mengantar penumpang.

Kalau kereta sering melakukan peremajaan unit, begitu pula dengan stasiun. Meski sudah ada sejak zaman penjajahan, sampai saat ini stasiun terus mengalami peremajaan. Semua ini agar stasiun tidak lapuk dan terus bisa mengikuti perkembangan zaman.

Kelima stasiun tertua tertua yang ada di Indonesia tersebut adalah:

Stasiun Jakarta Kota

Ada banyak stasiun tua yang berdiri sejak kolonial Belanda hingga saat ini, salah satunya adalah Stasiun Jakarta Kota. “Di Jabodetabek ada banyak, ada Manggarai, Jatinegara, Jakarta Kota, Tanjung Priok dan Bogor,” kata Staf Bagian Consevation Heritage Center PT KAI, Reza, Rabu (19/12) lalu.

Menurutnya, stasiun-stasiun yang disebut itu adalah salah satu cagar budaya dengan arsitektur cantik. “Bangunan tidak mengubah sama sekali, kita justru melestarikan sesuai bangunan asal, karena bangunan itu dilindungi undang-undang cagar budaya,” jelas reza.

Menurutnya, jika dilihat dari tahun, seluruh stasiun itu memang terbilang tua. Sebut saja Stasiun Jakarta Kota atau BEOS. Stasiun ini sudah ada sejak tahun 1870 dan terus mengalami renovasi hingga saat ini.

Selain itu, masih ada stasiun lain yang juga termasuk tua, yaitu Tanjung Priok. Stasiun ini pertama kali dibangun pada tahun 1925, bersamaan dengan pembukaan jalur Tanjung Priok-BEOS. Selanjutnya ada Stasiun Jatinegara dan Bogor. Masing-masing stasiun ini telah ada sejak tahun 1901 dan 1872.

Stasiun Bandung

Stasiun tua lain di Indonesia ada di Jawa Barat. Provinsi ini punya beberapa stasiun bersejarah, antara lain Stasiun Bandung, Cibatu, dan Cirebon. Stasiun tua pertama yang ada di Bandung adalah Stasiun Bandung. Stasiun ini pertama kali beroperasi pada tanggal 17 Mei 1884. Pengoperasian ini bersamaan dengan diresmikannya jalur kereta api Bandung-Jakarta, melalui Cianjur/Bogor.

Selanjutnya ada Stasiun Cibatu di Garut. Stasiun ini didirikan pada zaman kolonial Belanda, yaitu tahun 1889. Saat itu, Stasiun Cibatu adalah stasiun yang sering dijadikan lokasi pemberhentian para turis yang ingin liburan ke Garut, seperti yang ditulis situs Indonesia Heritage Railway.

Belum berhenti sampai di situ, masih ada 2 stasiun tua terakhir di Jawa Barat, yaitu Stasiun Cirebon. Stasiun Cirebon yang terletak di Jl Siliwangi ini sering disebut sebagai stasiun antara. Ini karena sebagian besar kereta api baik jalur Utara maupun Selatan berhenti di stasiun ini. Stasiun Cirebon sudah ada sejak tahun 1912 dan dibangun oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen (SS).

Stasiun Semarang Tawang

Stasiun tua nan bersejarah lain di Indonesia ada di Jawa Tengah. Provinsi ini punya sekitar 14 stasiun tua. Beberapa di antaranya adalah Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Ambarawa.

Stasiun Semarang Tawang adalah salah satu stasiun tertua di Indonesia yang masih menjadi tempat naik turun penumpang. Stasiun ini pertama kali diresmikan pada tahun 1914. Sekarang, Stasiun Semarang Tawang menjadi lokasi pemberhentian kereta api kelas eksekutif dan bisnis.

Kemudian ada Stasiun Semarang Poncol di Jl Poncol, Semarang Utara. Stasiun ini pertama kali dibangun pada tahun 1914 dan kini menjadi tempat berhentinya kereta kelas ekonomi, seperti yang ditulis situs Indonesia Heritage Railway.

Ini stasiun tua yang paling terkenal di Indonesia, yaitu Stasiun Ambarawa. Stasiun ini dibangun pada tahun 1873. Jalur kereta di Stasiun Ambarawa cukup spesial, karena terdapat rel khusus untuk kereta bergerigi. Saat ini, Stasiun Ambarawa berfungsi sebagai museum dan tempat mangkalnya kereta wisata.

Stasiun Yogyakarta

Setelah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, stasiun tua di Indonesia juga ada di DI Yogyakarta. Provinsi ini punya stasiun bersejarah, yaitu Yogyakarta, dan Lempuyangan.

Stasiun Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu stasiun tertua di Indonesia yang berada tepat di tengah kota. Stasiun ini sudah beroperasi sejak 1887, dan ini adalah stasiun kereta api kedua yang ada di Yogyakarta setelah Stasiun Lempuyangan.

Stasiun Lempuyangan sudah berdiri jauh lebih lama dari Stasiun Yogyakarta, yaitu sekitar tahun 1872, seperti yang ditulis situs Indonesia Heritage Railway. Kalau Stasiun Yogyakarta menjadi pemberhentian kereta kelas bisnis dan eksekutif, Stasiun Lempuyangan menjadi tempat pemberhentian kereta api kelas ekonomi.

Stasiun Madiun

Provinsi terakhir yang juga punya memiliki stasiun tua nan bersejarah adalah Jawa Timur. Di Jawa Timur ada stasiun Madiun, dan Malang Kota Lama.

Stasiun Madiun adalah salah satu stasiun tua di Jawa Timur. Stasiun ini sudah ada sejak tahun 1882. Stasiun Madiun terletak di Madiun Lor, Madiun dan merupakan stasiun besar yang melayani perjalanan kereta api ke baik jalur Utara maupun jalur Selatan dengan kereta kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif.

Selanjutnya ada Stasiun Malang Kota Lama. Ini adalah stasiun kereta api tertua di Kota malang yang dibangun pada tahun 1879. Inilah stasiun yang menjadi persinggahan banyak traveler yang ingin mencicipi serunya bertualang di Kota Malang.

(net)**

 

sumber: klik-galamedia.com

 

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM