PANGANDARAN, infobdg.com – Maret 2019 mendatang, Wargi Bandung akan punya destinasi wisata baru. Pasalnya, Pangandaran Raya ditargetkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Foto : Humas Jabar

Informasi tersebut diungkapkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya, saat tengah meninjau lokasi calon KEK di Grand Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, akhir November lalu.

“Saya ingin, Maret 2019 KEK Pangandaran Raya harus sudah jadi,” kata Arief, didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) merupakan pusat pertumbuhan ekonomi baru di dalam suatu kawasan. Dalam hal ini, Pangandaran Raya, tepatnya di kawasan Grand Pangandaran, dinilai paling siap untuk dijadikan KEK yang pertama di Jawa Barat. Kawasan tersebut telah dipersiapkan dengan lahan seluas 196 hektar.

Menpar Arief menjelaskan, salah satu syarat kawasan yang akan dijadikan KEK adalah menghadirkan layanan one stop service (OSS) yang akan mendukung proses perizinan. Melalui OSS ini, perizinan cukup dilakukan di satu pintu birokrasi saja.

Demi menjadikan Pangandaran Raya sebagai KEK, perlu ditunjang oleh tiga hal, yakni aksesibilitas seperti infrastruktur jalan dan bandara; fasilitas yang meliputi hotel dan destinasi wisata kelas dunia; dan fisibilitas berupa anggaran, sumber daya manusia, dan kebijakan. Dengan begitu, kawasan ini bisa menarik banyak investor untuk menanamkan investiasinya.

Selaras dengan Menpar Arief, Gubernur Jawa Barat, Kang Emil, menyatakan bahwa pihaknya akan menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi Pariwisata di Indonesia. Ia mengajak semua pihak, terutama yang ada di Kabupaten Pangandaran, untuk bersama-sama mewujudkan Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama di Jawa Barat.

“Saya sudah memutuskan bahwa Jawa Barat akan jadi provinsi pariwisata karena ada potensinya, kami sudah bersepakat memberikan political will ” tutur Emil.

“Pangandaran harus menjadi yang terbaik. Bagaimana caranya? Semua harus ikut irama dan kita harus bagi-bagi tugas. Tugas kita adalah meng-goal-kan Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pertama di Jawa Barat,” lanjutnya.

Tak tanggung-tanggung, dalam konteks pariwisata ini Emil akan menyiapkan anggaran Rp 40-80 Miliar untuk setiap kabupaten/kota agar dapat membuat satu destinasi wisata baru.

“Khusus Pangandaran, kita naikkan dua kali lipat hingga mencapai Rp 80 Miliar,” jelas Emil.

Komentar

Total Komentar