Tahun Ajaran 2013/2014 Ini, Siswa SLTA di Jabar Sekolah Gratis

By on January 30, 2013 | views: 124

detikBandung – Mulai tahun ajaran 2013/2014, siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau SMA/SMK/MA di Jawa Barat bisa bersekolah gratis. Namun belum semua bisa mendapatkan kebijakan ini. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan ini merupakan program Pemprov Jabar dan pusat, bukan kampanye dirinya sebagai cagub.

“Siswa SLTA mulai Juli 2013 bebas biaya. Ini bukan pernyataan sosialisasi, apalagi kampanye. Ini program Pemprov yang siap dijalankan. Jadi, bantuan pendidikan buat siswa ini sama sekali bukan janji buta,” ujar Aher di sela-sela acara peresmian pemanfaatan Ruang Kelas Baru (RKB) di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah, Desa Sagalaherang, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Rabu (30/1/2013).

Diutarakannya, mulai Juli mendatang, Pemprov bersama Pemerintah Pusat akan menyalurkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Khsususnya SLTA, seorang siswa akan mendapat bantuan pendidikan sebesar Rp 1,2 juta/tahun.

Aher menambahkan, pembebasan biaya buat siswa SLTA pada tahun pertama pelaksanaan memang belum mencakup 100 persen. Namun ke depan, program ini akan bisa dinikmati sebagian besar siswa.

Ia menjelaskan program pembebasan biaya sekolah untuk siswa SLTA bagian dari progam Pendidikan Menengah Universal (PMU). “Melalui program pendidikan basic minimal ini, kualitas generasi muda Jabar di tahun-tahun mendatang semakin unggul,” tegas Aher lagi. (ern/ern)

Erna Mardiana

Sumber: detikBandung

Komentar

Komentar

INFOBDG.COM