BANDUNG, infobdg.com – Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Bandung digelar mulai hari ini, Rabu (12/2) hingga Kamis (13/2), di Graha Batununggal.

Foto: Humas Kota Bandung

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulayana, memastikan kesiapan penyelenggaran tes SKD CPNS di Kota Bandung tersebut. Ia bersama Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Yayan A. Brillyana langsung meninjau ke lokasi tes.

Peninjauan diawali dari kegiatan registrasi, absen, penyetakan kartu ujian, komputer untuk peserta, hingga tempat body checking. Segala persiapan SDM dan infrastruktur, mulai dari internet dan sebagainya telah siap untuk digunakan oleh para peserta. 

“Ke sini memastikan, mulai dari infrastrukturnya seperti gedung, internet, toilet, dan sebagainya. Kita sudah minimalisasi hal yang tidak diinginkan, mudah-mudahan tidak terjadi. Listrik juga didukung menggunakan genset. Kita pastikan tidak akan ada kendala,” beber Yana, Rabu (12/2). 

Yana pun memastikan internet atau provider yang digunakan untuk tes aman, tidak ada kendala. Karena Pemkot Bandung menggunakan dua provider. 

“Internet di back up dua provider atau dua jaringan, Insyaallah tidak ada kendala,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Yayan A. Brillyana menuturkan, pelaksanaan tes CPNS Pemkot Bandung akan digelar 5 sesi. Setiap sesinya diikuti oleh 670 peserta. 

“Satu hari 5 sesi, per sesi itu 670 peserta. Ini dilakukan sampai pukul 18.00 selama dua hari. Dari 670 komputer kita siapkan jadi 700 komputer yang standby. Itu persiapan ketika ada trouble, langsung pindah ke meja lain,” jelasnya. 

Sementara untuk masalah listrik, Yayan menyebut telah menyiapkan 3 genset untuk mengantisipasi jika terjadi masalah.

“Dua genset standby menyala dan 1 genset mati, untuk cadangan jika dibutuhkan,” pungkas Yayan.

Menurutnya, selama tes seleksi CPNS berlangsung panitia akan memberikan kenyamanan bagi peserta, sampai keluarga yang mengantarnya. 

“Kita siapkan berbagai hal kecil, mulai dari toilet, ruang laktasi, ruang medisnya. Kita akan layani keluarga perseta, mulai tempat duduk dan minumnya juga,” tutur dia.

Di luar itu, Yayan pun mengimbau kepada para peserta tes CPNS agar teliti mengisi pertanyaan, percaya diri, berdoa, dan minta doa restu dari orang tua. 

“Pesan bagi peserta, datang lebih awal, minta doa orang tua, percaya diri, istirahat yang cukup. Jangan percaya iming-iming apalagi menggunakan joki. Jika terjadi itu tidak diperbolehkan seumur hidup,” tegasnya.