BANDUNG, infobdg.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) genap berusia 74 tahun. Mengangkat tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”, upacara peringatan HUT TNI ke-74 digelar pagi ini, Sabtu (5/10), di lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Upacara dihadir oleh segenap pejabat yang bertugas di wilayah Jawa Barat, seperti Gubernur Jawa Barat, Pangdam III/Siliwangi, Ketua DPRD Prov. Jabar, Kasdam III Siliwangi, Wakapolda Jabar, Pejabat Utama Kodam III Siliwangi, Forkominda Jawa Barat, para Komandan Satuan Militer Bandung Raya, serta Pejabat Utama Polda Jabar.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, bahwa soliditas TNI mampu menghadirkan rasa aman dan nyaman, khususnya di Jabar.

“Saya mengucapkan selamat hari jadi untuk TNI. Alhamdulillah dengan soliditas TNI di darat, laut, dan udara, memperlihatkan sistem pertahanan kita membuat rasa aman nyaman sebagai warga Jawa Barat,” ujar Emil, sapaan akrabnya, ditemui Sabtu (5/10), usai upacara.

Emil mengapresiasi TNI sebagai garda terdepan pertahanan. Terlebih saat ini, dinamika demokrasi karena tengah dalam tahun politik membuat kondusivitas sedikit tergerus. Pun demikian dengan situasi di Jawa Barat, di mana kompleksitas dan keragaman masyarakat membawa warna harmoni tersendiri.

Selaras dengan Emil, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, bahwa peringatan hari TNI ini merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

“Nilai-nilai luhur ini harus diwariskan kepada seluruh generasi muda dan TNI dalam mengisi kemerdekaan melalui pembangunan di segala bidang kehidupan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 45,” tutur Rudy.

Di akhir acara, sebagai simbol kebersamaan, Emil bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Kapolda Jabar, Ketua DPRD Jawa Barat Taufik Hidayat, dan prajurit TNI/Polri, bernyanyi dan menari lagu Daerah Papua, Sajojo.

Komentar

Total Komentar