BANDUNG, infobdg.com – Pemerintah Kota Bandung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung perdana menyelenggarakan acara Bandung Innovation Contest and Coaching Clinic (Iconic) 2019.

Digelar selama dua hari, tepatnya pada 30 November-1 Desember 2019 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung Iconic 2019 tak hanya menjadi festival inovasi saja, tetapi menjadi upaya menginventarisir masukan dan kebutuhan masyarakat.

Mengangkat tema Disruption 4.0, Bandung Iconic 2019 dibuat untuk menjawab peluang potensial dimana talent lokal yang dimiliki Kota Bandung masih belum menemukan wadah yang bisa memfasilitasi peningkatan daya saing dalam era revolusi industri jilid 4.0.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Yuliandri Rahadiyanto menuturkan, pada prinsipnya Bandung Iconic 2019 menyajikan dua konten utama, yakni kontes inovasi dan coaching clinic.

“Inovasi itu, kita mencoba menggabungkan seluruh potensi kota, ada pemerintah, swasta, masyarakat, kampus, media, yang sifatnya inovatif untuk untuk menunjukkan bahwa Bandung punya icon inovasi,” tuturnya, Sabtu (30/11).

Menurut Yuliandri, kolaborasi dari setiap pihak diperlukan untuk mencapai inovasi. Kolaborasi pertama adalah untuk mewujudkan inovasi, dan kolaborasi yang kedua adalah untuk mengimplementasikan inovasi itu sendiri. Oleh karena itu, saat ini pihaknya tengah berusaha membangun ekosistem inovasi di perangkat-perangkat daerah untuk mengakomodir dan mengembangkan kreasi-kreasi masyarakat.

Saat ini, sudah terdapat 300 stan yang telah memamerkan produk inovasinya. Hal tersebut membuktikan bahwa Kota Bandung memiliki potensi berkembang dan menjanjikan di masa depan, pun lebih luas bertujuan untuk memberikan ruang dalam memasarkan produk UKM di Kota Bandung.

Acara ini seluruhnya dibiayai oleh APBD Kota Bandung sehingga masyarakat umum bisa mengikuti kegiatan secara gratis. Masyarakat khususnya pelajar, mahasiswa, serta komunitas diimbau untuk mengunjungi Bandung Iconic 2019 untuk mencari bakat dan inovasi-inovasi baru di dunia teknologi. Berikut merupakan kegiatan yang akan dilaksanakan pada perhelatan Bandung Iconic 2019:

-Bursa Kerja Startup
-Sertifikasi Bisnis Digital
-Sertifikasi Barista
-Startup Competition
-Workshop Animasi
-Workshop Video Mapping
-Co-Working Talks
-Pameran Produk Inovatif
-Jelajah Kuliner Bandung
-Talkshow

Pada pelaksanaannya hari ini, Sabtu (30/11), hadir Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, untuk membuka Bandung Iconic 2019 secara resmi. Dalam kesempatan tersebut, Yana mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi gelaran Bandung Iconic 2019.

Yana menegaskan, inovasi menjadi salah satu pilar untuk mewujudkan visi Kota Bandung yang hakikatnya memberikan pelayanan publik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami ingin kemajuan teknologi ini dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk tetap melayani publik semakin baik sehingga kontribusi masyarakat bisa membangun bandung dari yang baik menjadi semakin baik,” pungkas Yana.

Komentar

Total Komentar