BANDUNG, infobdg.com – Jawa Barat saat ini mulai memasuki musim hujan. BMKG Kota Bandung memprediksi, musim hujan akan berlangsung hingga bulan Maret 2020 mendatang.

Staff Data dan Informasi BMKG Bandung, Yan Firdaus Permadhi mengatakan dalam gelaran Jabar Punya Informasi (JAPRI) pada Selasa (19/11), di Gedung Sate, Kota Bandung, bahwa musim hujan di Jawa Barat masih tidak merata. Hal tersebut karena pergerakan hujan yang terlebih dahulu singgah di selatan Jabar menuju utara Jabar.

“Musim hujan akan dimulai di selatan Jabar bergerak pelan-pelan ke utara Jabar. Hujan yang kita rasakan akhir-akhir ini tidak merata, di dominasi wilayah selatan sebelah barat seperti Bogor, Cianjur, dan Sukabumi ini terus mengalami hujan yang deras. Bandung sendiri sudah masuk beberapa kali hujan, namun masih sporadis,” ungkap Yan pada wartawan.

Musim hujan terlebih di Jabar diakui Yan memiliki potensi bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor, angin kencang/puting beliung, serta kombinasi banjir dan longsor. Menurutnya, banjir menjadi bencana yang paling kompleks karena dianggap multisektoral secara alamiah.

Mewaspadai hal itu, Yan memastikan pihak BMKG terus memberikan penyuluhan hingga peringatan kepada masyarakat.

“Terkait dengan kondisi demikian kami BMKG sudah memberikan warning tentang bencana hidrometeorologis yang disebabkan secara alamiah terlebih banjir karena bencana tersebut multisektoral,” pungkasnya.

Komentar

Total Komentar